Daya Tarik Trend Fashion Korea Sebagai Budaya Populer Di Kalangan Mahasiswa Kota Bandung

Tressia, Dara (2013) Daya Tarik Trend Fashion Korea Sebagai Budaya Populer Di Kalangan Mahasiswa Kota Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini memiliki berbagai tujuan, Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana Daya tarik trend fashion Korea sebagai budaya popler di kalangan mahasiswa kota Bandung. Penelitian ini dirancang untuk menjawab permasalahan di atas, maka penelitian ini mempunyai sub fokus pada hal berikut: Kekuatan atau kelebihan dari pemakaian fashion Korea, penampilan dari fashion Korea dan pemakaian media massa trend fashion Korea. Sub fokus digunakan untuk menjelaskan fokus dari penelitian ini yang berjudul Daya Tarik trend fashion Korea sebagai budaya populer di kalangan mahasiswa kota Bandung. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan studi deskripstif, dengan mahasiswa sebagai subyek utama. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling, para informan dari penelitian ini adalah 5 (lima) orang mahasiswa, dan untuk memperjelas dan memperkuat data informan, ada 2 (dua) orang sebagai informan kunci. Data penelitian diperoleh melalui pencarian data dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi, buku dan pencarian online. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi waktu, diskusi dengan teman sejawat dan memberchek. Teknik analisis data adalah reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, menarik kesimpulan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Kekuatan atau kelebihan yang di dapat mahasiswa adalah sebagai media ekspresi dengan gayanya yang membedakan dengan mahasiswa lainnya yang dimana sesuai dengan kepribadiannya 2. Penampilan dari trend fashion Korea yang menarik, unik dan kreatif menjadi daya tarik bagi para mahasiswa yang dimana ditunjang dari pemakaian pakaian, aksesoris, tatanan rambut dan make up 3. Pemakaian Media massa elektronik, cetak dan media sosial memudahkan mahasiswa mendapatkan referensi. Sebagai kesimpulan, adanya daya tarik dari trend fashion Korea menyebabkan suatu Budaya populer yang baru muncul di kalangan mahasiswa kota Bandung. Saran untuk masyarakat khususnya mahasiswa trend mode yang selalu baru tidak selalu harus diikuti mahasiswa apabila tidak merasa nyaman untuk memakainya, yang terpenting harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi., untuk penelitian selanjutnya untuk lebih selektif dalam memilih teori untuk penelitian daya tarik dan menambah kaya penelitian dengan literatur yang lebih banyak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Budaya populer, Trend Fashion Korea, Daya Tarik
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23302

Actions (login required)

View Item View Item