Konsep Diri Anggota Parkour Bandung (Studi Fenomenologi Dengan Pendekatan Interaksi Simbolik Mengenai Konsep Diri Anggota Parkour Bandung)

Anindita Ramadhan, Reza (2013) Konsep Diri Anggota Parkour Bandung (Studi Fenomenologi Dengan Pendekatan Interaksi Simbolik Mengenai Konsep Diri Anggota Parkour Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui konsep diri anggota Parkour Bandung. Studi yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana konsep diri anggota Parkour Bandung yang dipengaruhi oleh significant others (orang terdekat yang bertalian darah) dan reference group (kelompok rujukan). Tipe penelitian ini adalah kualitatif, metode penelitian yang digunakan adalah fenomenologis. Data utama diperoleh dengan cara obeservasi partisipan dan wawancara mendalam , serta dilakukan studi kepustakaan dan internet searching. Untuk infoman yang di teliti merupakan dua anggota Parkour Bandung. Teknik penentuan informan digunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan konsep diri anggota Parkour secara menyeluruh adalah Aktif, Anti Kompetisi, Pemberani, Bertanggung Jawab, Diandalkan, Disiplin, Efisien, Filosofis, Kekeluargaan, Keras, Berkonsentrasi, Kuat, Mandiri, Kepemimpinan, Pengajar, Percaya Diri, Reaktif, Relax, Sabar, Sehat, Semangat, Sportif, Tegas, Tekun, Useful. Adapun Reference group merupakan faktor yang lebih dominan membentuk konsep diri anggota Parkour Bandung dibandingkan significant Others. Saran dari penelitian ini adalah orangtua yang memiliki anak yang mengikuti Parkour agar memantau dan mensupport kegiatannya, kemudian berperan aktif dalam mempelajari apa yang menjadi kegemaran anaknya di dunia luar. Bagi komunitas Parkour Bandung memperhatikan perkembangan anggotanya bila melenceng dari filosofi Parkour juga memperluas dan mempermudah dalam memperoleh infomasi mengenai Parkour.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konsep diri, Interaksi Simbolik, Fenomenologi, Parkour, Bandung
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23316

Actions (login required)

View Item View Item