Proses Komunikasi Masyarakat Keturunan Arab Di Panjunan Kota Cirebon (Studi Deskriptif Mengenai Proses Komunikasi Masyarakat Keturunan Arab Di Panjunan Kota Cirebon Dalam Berinteraksi Sehari-Hari Dengan Sesama Keturunan Arab)

Rokhim, Abdur (2013) Proses Komunikasi Masyarakat Keturunan Arab Di Panjunan Kota Cirebon (Studi Deskriptif Mengenai Proses Komunikasi Masyarakat Keturunan Arab Di Panjunan Kota Cirebon Dalam Berinteraksi Sehari-Hari Dengan Sesama Keturunan Arab).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Proses Komunikasi Masyarakat Keturunan Arab Di Panjunan Kota Cirebon Dalam Berinteraksi Sehari-hari dengan Sesama Keturunan Arab. Untuk menjawab masalah diatas, maka diangkat sub fokus - sub fokus penelitian berikut ini : Tatap Muka, Pesan, Bahasa dan Hambatan proses komunikasi masyarakat keturunan Arab dengan sesamanya. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan studi deskriptif. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling, untuk informan utama penelitian berjumlah 4 (empat) orang dari masyarakat keturunan Arab Kota Cirebon, dan untuk memperjelas serta memperkuat data adanya informan kunci yang berjumlah 1 (satu) orang. Data penelitian diperoleh melalui observasi non partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi, studi pustaka dan penelusuran data online. Untuk uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Adapun teknik analisis data dengan mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data, menarik kesimpulan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Komunikasi tatap muka yang ekspresif dimana masyarakat keturunan Arab di Panjunan kota Cirebon diawali dengan mengucapkan salam, menyapa dengan bahasa Arab, berjabat tangan, cium pipi kiri pipi kanan, dalam proses komunikasi ada pesan yang disampaikan dan dapat dimengerti oleh sesama keturunan Arab, untuk menyampaikan pesannya menggunakan bahasa Arab, Indonesia, Cirebon, dan isyarat. hambatan proses komunikasi ini adalah faktor budaya yang membuat komunikasi tidak efektif. Kesimpulan berawal dari sebuah tatap muka yang memunculkan ekspresi, didalamnya terdapat pesan dan untuk menyampaikan pesan tersebut menggunakan bahasa verbal dan non verbal, faktor budaya yang menjadi hambatan dalam proses komunikasi ini sehingga tidak berjalan secara efektif. Saran untuk masyarakat keturunan Arab harus memperluas wawasan pengetahuan bahasa Arab, mempertahankan ciri khas komunikasi tatap muka yang ekspresif dan mempertahankan ciri khas bahasa sebagai identitas budaya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Proses komunikasi, Tatap muka, Pesan, Bahasa, Hambatan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23326

Actions (login required)

View Item View Item