Membongkar Gurita Cikeas Di Balik Skandal Bank Century (Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk Buku Membongkar Gurita Cikeas Di Balik Skandal Bank Century Sub Bab Pelanggaran - Pelanggaran UU Pemilu Oleh Caleg - Caleg Partai Demokrat)

Saepuloh, Yuda (2013) Membongkar Gurita Cikeas Di Balik Skandal Bank Century (Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk Buku Membongkar Gurita Cikeas Di Balik Skandal Bank Century Sub Bab Pelanggaran - Pelanggaran UU Pemilu Oleh Caleg - Caleg Partai Demokrat).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dimensi teks, dimensi kognisi sosial, dan dimensi dibalik buku Membongkar Gurita Cikeas Di Balik Skandal Bank Century Sub Bab Pelanggaran-Pelanggaran UU Pemilu Oleh Caleg-Caleg Partai Demokrat. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dimunculkan pertanyaan tentang bagaimana dimensi teks, dimensi kognisi sosial dan konteks sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian analisis wacana kritis, teknik pengumpulan data yang dipakai adalah studi pustaka,dengan cara menanalisis teks yang ada di buku Membongkar Gurita Cikeas Di Balik Skandal Bank Century. Dalam penelitian ini informan digunakan hanya untuk data sekunder atau tambahan bukan untuk data primer karena analisis wacana kritis murni hasil pemikiran sendiri. Hasil penelitian dimensi teks menunjukan bahwa George Junus Aditjondro secara jelas mengambil tema pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh caleg Partai Demokrat saat pemilu legislatif dalam buku Membongkar Gurita Cikeas Di Balik Skandal Bank Century Sub Bab Pelanggaran-Pelanggaran UU Pemilu Oleh Caleg-Caleg Partai Demokrat. Kognisi sosial George Junus Aditjondro memandang kasus skandal Bank Century diduga berkaitan dengan Partai Demokrat dan kemenangan Partai Demokrat karena adanya kecurangan yang dilakukan oleh caleg Partai Demokrat. Konteks sosial, dimana wacana yang berkembang di masyarakat dipengaruhi oleh pemberitaan media massa tentang kasus Bank Century dan kecurangan yang dilakukan oleh Partai Demokrat saat pemilu. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa kemenangan partai demokrat saat pemilu diduga karena adanya kecurangan ataupun pelanggaran yang dilakukan Partai Demokrat maupun calegnya. Selain itu juga, peran media massa sangat mempengaruhi wacana yang berkembang di masyarakat tentang kasus skandal Bank Century serta kecurangan ataupun pelanggaran yang dilakukan oleh Partai Demokrat saat pemilu. Saran dalam penelitian ini adalah Masyarakat harus bisa menilai dengan bijak dan cerdas terhadap pemimpinnya, serta ikut mengontrol dan mengawasi kinerja pemerintah agar tidak terjadi pelanggaran-pelanggaran hukum yang akibatnya dapat merugikan kita semua.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana Kritis, Skandal Bank Century, Politik, Partai Demokrat, Dimensi Teks, Dimensi Kognisi Sosial, Dimensi Konteks Sosial
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23327

Actions (login required)

View Item View Item