Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Guru SD Negeri Banjarsari 1 Bandung Terhadap Pembentukan Sikap Siswa Menghadapi Perkembangan Teknologi Informasidan Komunikasi

Indah Puspasari, Mega (2013) Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Guru SD Negeri Banjarsari 1 Bandung Terhadap Pembentukan Sikap Siswa Menghadapi Perkembangan Teknologi Informasidan Komunikasi.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan Penelitian untuk mengetahui sejauhmana Efektivitas Komunikasi Antarpribadi guru SD Negeri Banjarsari 1 Terhadap pembentukan sikap siswa menghadapi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Peneliti mencoba menganalisis dari alat ukur yang akan dicapai yaitu: tujuan, rencana, waktu yang digunakan, serta perhatian, pengertian dan pemahaman siswa dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di SDNegeri Banjarsari 1 Bandung. Pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survei. Sebagian besar data dikumpulkan melalui angket dan didukung dengan studi pustaka dan lapangan. Populasi disini adalah siswa-siswi SD Negeri Banjarsari 1 Bandung, dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah Stratified Random Sampling. Teknik analisis dilakukan dengan perhitungan statistik dengan menggunakan komputer melalui program SPSS 13.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa, adanya: 1.) pengaruh tujuan komunikasi terhadap sikap siswa adalah 0,266 cukup kuat dan signifikan, 2.) rencana terhadap sikap siswa adalah 0,349 cukup kuat dan signifikan, 3.) waktu yang digunakan terhadap sikap siswa adalah 0,475 cukup kuat dan signifikan, 4.) Serta adanya pengaruh efektivitas komunikasi terhadap perhatian Siswa adalah 0,444 cukup kuat dan signifikan, 5.) pengaruh efektivitas komunikasi terhadap pengertian Siswa adalah 0,445 cukup kuat dan signifikan, 6.) pengaruh efektivitas komunikasi terhadap pemahaman Siswa adalah 0,376 cukup kuat dan signifikan, 7.) dan adanya pengaruh efektivitas komunikasi terhadap sikap Siswa adalah 0,496 cukup kuat dan signifikan. Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa : pengaruh Efektivitas Komunikasi Antarpribadi guru SD Negeri Banjarsari 1 Terhadap pembentukan sikap siswa menghadapi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan memiliki korelasi yang cukup kuat dan signifikan, dengan pengaruh sebesar 24.60 % dan sisanya 75.40 % dipengaruhi oleh faktor lain. Data menunjukan H1 diterima, Ho ditolak, penelitian valid. Saran dari peneliti untuk sekolah, sebaiknya bapak/ibu guru di SD Negeri Banjarsari 1 Bandung dapat memberikan perhatian yang lebih kepada siswa-siswinya agar para siswa dapat menggunakan alat teknologi informasi dan komunikasi dengan baik agar tidak terjadi penyalah gunaan teknologi dengan berbagai fasilitas yang disediakan, Hal ini ditujukan agar siswa-siswi dapat terarah dan cerdas dalam menggunakan dan memanfaatkan berbagai fasilitas yang disediakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Sikap, Tujuan, Rencana, Waktu, Perhatian, Pengertian, Pemahaman
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23328

Actions (login required)

View Item View Item