Pemolaan Komunikasi Dalam Upacara Adat Mapag Sri Di Masyarakat Desa Tugu Kecamatan Slyeg Indramayu (Studi Etnografi Komunikasi Tentang Pemolaan Komunikasi Dalam Upacara Adat Mapag Sri Dimasyarakat Desa Tugu Kecamatan Sliyeg Indramayu)

Dwiyanda Okiawan, Mauludin (2013) Pemolaan Komunikasi Dalam Upacara Adat Mapag Sri Di Masyarakat Desa Tugu Kecamatan Slyeg Indramayu (Studi Etnografi Komunikasi Tentang Pemolaan Komunikasi Dalam Upacara Adat Mapag Sri Dimasyarakat Desa Tugu Kecamatan Sliyeg Indramayu).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemolaan komunikasi dalam upacara adat Mapag Sri dimasyarakat Desa Tugu Kecamatan Sliyeg Indramayu. Untuk menjawab masalah diatas, maka diangkat sub fokus penelitian berikut ini : Peristiwa komunikasi, Komponen komunikasi, dan Keterkaitan antar komponen. Sub fokus tersebut berguna untuk menjawab pertanyaan makro, yaitu : Pemolaan Komunikasi dalam upacara adat Mapag Sri di masyarakat Desa Tugu Kecamatan Sliyeg Indramayu. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan tradisi etnografi komunikasi dengan teori subtantif interaksi simbolik dan pemusatan simbolis. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling, untuk informan utama penelitian berjumlah 4 (empat) orang, dan informan kunci yang berjumlah 1 (satu) orang. Teknik pengumpulan data yaitu pengamatan berperan serta, wawancara mendalam, dokumentasi, studi pustaka dan penelusuran data online. Untuk uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data, Member Checking, membuat deskripsi,dan melalukan tanya-jawab dengan sesama rekan peneliti. Adapun teknik analisis data dengan deskripsi, interpretasi, dan analisa. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam peristiwa komunikasi terdapat 4 (empat) rangkaian dalam upacara adat Mapag Sri yaitu Bogbogneng, Sedekah Bumi, Mapag Tamba, dan Mapag Sri. Tujuan sebagai ucapan rasa syukur dan menghormati legenda Dewi Sri, dan masyarakat berantusias. Komponen komunikasi melibatkan media tradisional dengan menggunakan bahasa Indramayu, dan pamong desa serta masyarakat terlibat dalam upacara adat Mapag Sri. Keterkaitan antar komponen yang menimbulkan perilaku yang khas seperti temohan, adang-adangan, irim-irim, dan rombongan. dan mitos yang berlaku jika tidak dilaksanakan akan terjadi bencana alam dan gagal panen. Simpulan dari penelitian ini adalah menimbulkan pemolaan komunikasi yang berupa adanya rangkaian-rangkaian dari sebelum dan sampai upacara adat Mapag Sri berlangsung sehingga memunculkan perilaku yang khas yang hanya ada di masyarakat Desa Tugu Kecamatan Sliyeg Indramayu. Saran untuk Desa Tugu Kecamatan Sliyeg Indramayu agar terus melestarikan dan memperkalkan budaya local kepada pemuda-pemudi serta untuk merencanakan dengan matang sebelum upacara adat Mapag Sri dilaksanakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: upacara adat mapag sri, pendekatan kualitatif, Sliyeg Indramayu
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23333

Actions (login required)

View Item View Item