Pembangunan Virtual Accessories Room Pada E-Commerce Di Distro Heaven Skateboards Bandung

Rachman Maulana, Arief (2013) Pembangunan Virtual Accessories Room Pada E-Commerce Di Distro Heaven Skateboards Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Distro Heaven Skateboards yang terletak di Jalan Trunojoyo No. 15 Bandung merupakan sebuah distro yang menyediakan berbagai macam produk yang berhubungan dengan skateboard. Banyak pelanggan jahat yang tidak ketahuan mencuri topi maupun kacamata sehingga membuat kerugian tersendiri bagi pengelola distro. Selain itu, aksesories yang tidak jadi dibeli menjadi rusak maupun kotor, karena pelanggan yang semena-mena dalam mencoba aksesories. Selain melengkapi keamanan barang, aplikasi ini juga menambah inovasi baru pada sistem penjualan di distro ini, sehingga pihak distro tidak perlu resah akan kehilangan aksesories yang mereka jual dan tentunya akan menambah keuntungan bagi pihak distro ysng menambah daya tarik tersendiri bagi pelanggan yang ingin membeli aksesories Face Tracking merupakan teknik pendeteksi wajah manusia yang cocok sebagai solusi untuk membuat aplikasi virtual aksesories pada Distro ini. Metode yang digunakan untuk mendeteksi wajah, yaitu metode Haar menggunakan algoritma Haar Cascade Classifier dengan menggunakan Library Marilena. Hal ini terjadi karena sistem pelacakan wajah pada Haar dikhususkan untuk pelacakan wajah dengan posisi lurus ke depan terhadap kamera sehingga tidak dapat melacak wajah yang bukan pada posisi tersebut. Langkah-langkah dalam proses ini meliputi training data pada Haar, mencari Haar feature, menghitung integral image, dan mencari cascade classifier. Berdasarkan pengujian whitebox dapat diambil kesimpulan bahwa kompleksitas algoritma Haar Cascade Classifier adalah tujuh. Kemudian, hasil pengujian dengan metode performance testing menghasilkan posisi yang tepat untuk mendapatkan posisi aksesories yang cocok dengan bentuk wajah, yaitu untuk wajah bulat dibutuhkan jarak lebih pendek dibandingan wajah oval dan tirus. Untuk bentuk wajah oval dibutuhkan jarak lebih pendek dibandingkan wajah tirus, sedangkan jarak rata-rata hampir semua wajah terdeteksi yaitu pada jarak 70 centimeter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: algoritma, Haar, Haar Cascade Classifier, library marilena, virtual aksesories, face tracking, performance testing, wajah
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23345

Actions (login required)

View Item View Item