"Tanoshiku Aisatsu" Sebagai Media Pembelajaran Ungkapan Salam Dalam Bahasa Jepang (Studi Kasus Pada Siswa Siswi XI IPA 4 SMA Negeri 2 Cikampek)

Hidayaturohmah, Dini (2013) "Tanoshiku Aisatsu" Sebagai Media Pembelajaran Ungkapan Salam Dalam Bahasa Jepang (Studi Kasus Pada Siswa Siswi XI IPA 4 SMA Negeri 2 Cikampek).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sehubungan dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin modern, banyak orang yang memanfaatkan terknologi tersebut untuk proses pembelajaran, diantaranya yaitu untuk proses pembelajaran aisatsu/ ungkapan salam dalam bahasa Jepang. Dengan menciptakan media pembelajaran akan memudahkan para pembelajar bahasa Jepang khususnya bagi pembelajar awal. Aisatsu adalah kata dalam bahasa Jepang yang berarti salam. Media pembelajaran ini dibuat dengan menggunakan program Macromedia Flash Pro-8. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Dalam penelitian ini dibahas tentang rancangan media, proses pembuatan media, hasil pretest dan posttest serta tanggapan responden mengenai media pembelajaran Tanoshiku Aisatsu. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media pembelajaran Tanoshiku Aisatsu terhadap kemampuan para pembelajar setelah menggunakan media pembelajaran Tanoshiku Aisatsu tersebut dalam mempelajari aisatsu. Yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah siswa siswi SMA Negeri 2 Cikampek. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap yaitu pretest dan posttest. Prestest dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2012 dan posttest dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2012. Dari hasil posttest menunjukkan adanya peningkatan sebesar 36,3. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran Tanoshiku Aisatsu yang dilakukan terhadap siswa siswi SMA Negeri 2 Cikampek sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran aisatsu bahasa Jepang. Dan penulis mendapat tanggapan yang baik dari responden mengenai media pembelajaran Tanoshiku Aisatsu ini. Karna itu penulis berharap media pembelajaran Tanoshiku Aisatsu ini dapat bermanfaat bagi para pembelajar dalam mempelajari bahasa Jepang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aisatsu,Media Pembelajaran,Bahasa Jepang
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sastra > Sastra Jepang > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra > Sastra Jepang (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23361

Actions (login required)

View Item View Item