Media Interaktif Oboeyasui Kanji 4 Sebagai Media Pembelajaran Kanji N4

Srikandi, Lista (2013) Media Interaktif Oboeyasui Kanji 4 Sebagai Media Pembelajaran Kanji N4. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam mempelajari bahasa Jepang para pembelajar asing biasanya bermasalah dengan huruf kanji . Hal itu dikarenakan bentuk huruf kanji yang lebih rumit dan jumlahnya sangat banyak. Maka dari itu diperlukan sebuah media interaktif yang menarik yang mempermudah pemahaman terhadap suatu kanji, salah satunya melalui media Oboeyasui Kanji 4. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara membuat media dan mengoperasikan media pembelajaran serta untuk mengetahui bagaimana pengaruh media interaktif Oboeyasui Kanji 4 terhadap kemampuan pembelajar sebelum dan setelah menggunakan media. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Sampel penelitian ini adalah 16 orang mahasiswa UNIKOM dari tingkat 2 sampai tingkat 4 yang belum lulus Nouryokushiken N4. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah studi pustaka, kuesioner dan tes. Dari hasil penelitian, diketahui Media interaktif Oboeyasui Kanji 4 dirancang dengan menggunakan perangkat lunak Adobe Flash CS4. Terdapat 15 langkah dalam pembuatan media mulai dari penginstallan sampai memback up data ke dalam CD, serta terdapat 3 langkah untuk mengoperasikannya. Nilai rata-rata pretest mahasiswa Sastra Jepang UNIKOM tingkat 2 sampai tingkat 4 yang belum lulus Noryoukushiken N4 adalah 35,88 sedangkan rata-rata hasil posttestnya adalah 81,31. Kemampuan pembelajar meningkat sebanyak 45,43. Nilai korelasinya adalah 0,99, sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan media Oboeyasui Kanji 4 efektif untuk pembelajaran kanji N4. Berdasarkan tanggapan responden secara keseluruhan mengenai tampilan dan penggunaan Oboeyasui Kanji 4 adalah baik. Namun dalam media ini masih ada kekurangan yaitu, tampilan teks yang terlalu cepat, dan audio yang terlalu keras, serta belum adanya soal yang membahas mengenai cara menulis kanji (kakikata).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dalam mempelajari bahasa Jepang para pembelajar asing biasanya bermasalah dengan huruf kanji . Hal itu dikarenakan bentuk huruf kanji yang lebih rumit dan jumlahnya sangat banyak. Maka dari itu diperlukan sebuah media interaktif yang menarik yang mempermu
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sastra > Sastra Jepang > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra > Sastra Jepang (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23365

Actions (login required)

View Item View Item