Strategi Komunikasi Public Relations PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung (studi Deksriptif Mengenai Strategi Komunikasi Publi Relations PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung Melalui Buletin INFO POs Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Karyawannya)

Saputra, Risky (2016) Strategi Komunikasi Public Relations PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung (studi Deksriptif Mengenai Strategi Komunikasi Publi Relations PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung Melalui Buletin INFO POs Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Karyawannya).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mendeskripsikan mengenai Strategi Komunikasi Public Relations PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung Melalui Buletin INFO POS Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Karyawannya. Untuk menjawab penelitian tersebut, maka diangkat sub fokus yaitu mengenal khalayak, menyusun pesan yang ditujukan, menetapkan metode pelaksanaan, seleksi dan penggunaan media dan tahap evaluasi kegiatan Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan menggunakan Metode Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, studi pustaka, dan internet searching. Subjek penelitian adalah Public Relations PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung dan Karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) sebanyak lima informan terdiri dari tiga informan kunci dan dua informan pendukung. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah Public Relations PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung Mengenal Khalayak melalui buletin INFO POS sesuai dengan kebutuhan akan informasi karyawannya. Menyusun Pesan yang disampaikan dalam kegiatan Public Relations PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung melalui Buletin INFO POS dengan cara menentukan dan mempertimbangkan isi pesan yang layak untuk disebarkan kepada khalayak. Menetapkan Metode dalam kegiatan Public Relations PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung melalui Buletin INFO POS ialah dengan cara mengumpulkan pesan atau informasi yang akan dikirim dari seluruh kantor cabang ke kantor pusat. Mengolah pesan dalam bentuk informatif, persuasif dan edukatif yang kemudian dicetak dan disebarkan keseluruh kantor cabang di Indonesia. Seleksi dan Penggunaan Media yang dilakukan dalam Kegiatan Public Relations PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung melalui Buletin INFO POS yaitu menggunakan media cetak selebaran dalam bentuk media cetak buletin, berdasarkan kecendrungan karyawan yang mendapatkan informasi dari media cetak buletin. Tahap Evaluasi dilihat dari bagaimana antusiasnya semua karyawan dalam mengirimkan bentuk berita-berita kepada kantor pusat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Strategi Komunikasi Public Relations PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung Melalui Buletin INFO POS ialah Komunikasi dan pemberian informasi yang baik, untuk menghasilkan pemenuhan kebutuhan informasi karyawannya dengan rencana-rencana dari kebijakan yang ada untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Saran dari penelitian ini adalah pihak Public Relations PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung mampu membuat suatu perencanaan yang terstruktur dan jelas terperinci, agar strategi komunikasi yang dilakukan dapat lebih menunjukan hasil, untuk mencapai tujuan pemenuhan informasi karyawan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, PT. POS Indonesia (Persero), Buletin, Informasi.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23385

Actions (login required)

View Item View Item