Analisis Karakter Finn Melalui Homologi Dunia Imajiner-Realita Pada Novel "The Adventures Of Huckleberry Finn" Karya Mark Twain (Sebuah Kajian Sosiologi Sastra)

Wulan Dini, Yungyung (2013) Analisis Karakter Finn Melalui Homologi Dunia Imajiner-Realita Pada Novel "The Adventures Of Huckleberry Finn" Karya Mark Twain (Sebuah Kajian Sosiologi Sastra). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini berjudul "Analisis karakter Finn melalui homologi dunia imajiner-realita pada novel The Adventures of Huckleberry Finn karya Mark Twain", dilakukan berdasarkan asumsi bahwa adanya keberadaan karakter Huckleberry Finn dalam dunia imajiner dan adanya kesejajaran struktural pada karakter yang terdapat dalam dunia imajiner dengan karakter yang ada dalam dunia nyata. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk mengidentifikasi karakter Finn yang terdapat dalam struktur dunia imajiner pada novel The Adventures of Huckleberry Finn dan mengetahui homologi karakter Finn dalam struktur dunia imajiner dengan Mark Twain dalam struktur dunia realita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik. Metode ini dilakukan dengan cara menggambarkan dan menganalisis data. Metode deskriptif difokuskan pada penggambaran karakter. Sementara itu, metode analitik difokuskan pada analisis struktur karakter Huck Finn dalam dunia imajiner dengan karakter Twain dalam dunia realita. Hasil dari penelitian ini adalah karakter dapat terbentuk berdasarkan Motive yang ditandai oleh suatu dorongan untuk melakukan suatu tindakan, Habits and Patterns ditandai oleh kebiasaan yang dilakukan seseorang dengan cara dan keadaan yang sama, dan The Past ditandai oleh tindakan yang sudah dilakukan. Analisis ini membuktikan bahwa ketiga cara tersebut dapat menunjukan kepribadian yang dimiliki oleh karakter Finn. Selain itu, analisis ini juga dapat memperlihatkan kesamaan struktur dari karakter Huckleberry Finn yang berada dalam dunia imajiner dengan karakter Twain dalam dunia realita melalui pandangan dunia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: karakter, homologi dan world of view
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sastra > Sastra Inggris > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra > Sastra Inggris (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23388

Actions (login required)

View Item View Item