Strategi Komunikasi Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) (Studi Deskriptif Tentang Strategi Komunikasi Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat dalam Mempersuasi Suami Untuk Mengikuti Program Vas

Ovelia Friskandhi, Dwika (2016) Strategi Komunikasi Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) (Studi Deskriptif Tentang Strategi Komunikasi Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat dalam Mempersuasi Suami Untuk Mengikuti Program Vas.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat dalam Mempersuasi Suami Untuk Mengikuti Program Vasektomi Di Kabupaten Bekasi. Untuk menjawab masalah tersebut maka diambil subfokus dari Strategi Komunikasi yaitu, pengenalan khalayak, penyampaian pesan, menetapakan metoda dan menentukan media. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, informan dari penelitian ini berjumlah delapan orang, informan tersebut dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka, dan internet searching. Hasil dari penelitian ini strategi komunikasi untuk menyampaikan informasi kepada calon aseptor pertama pengenalan khalayak yang digunakan oleh BKKBN adalah analisis data sasaran, kemudian pesan yang digunakan adalah dengan KIE (komunikasi, informasi dan edukasi), penetapan metoda yang digunakan ialah dengan mengulang-ulang pesan, informatif, persuasif, dan edukatif, dan penetapan medianya adalah audio ataupun visual serta cetak Kesimpulannya strategi komunikasi yang digunakan oleh BKKBN masih kurang dan perlu ditingkatkan lagi untuk memperbanyak lagi calon aseptor terutama pada metoda penyampaian pesan kepada calon aseptor dan memaksimalkan penggunaan media sebagai alat bantu untuk menyampaikan pesan. Saran yang dapat peneliti sampaikan sebaiknya BKKBN menambah lagi petugas lapangan, memberikan fasilitas dan perkaya materi KIE.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, BKKBN, Vasektomi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23391

Actions (login required)

View Item View Item