Strategi Komunikasi Public Media Relations National Basketball League Indonesia Melalui Program Live Streaming Dalam Meningkatkan Loyalitas Pecinta Basket Di Kota Bandung)

Dinar Lestari, Virginia (2016) Strategi Komunikasi Public Media Relations National Basketball League Indonesia Melalui Program Live Streaming Dalam Meningkatkan Loyalitas Pecinta Basket Di Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi public media relations National Basketball League Indonesia melalui program live streaming dalam meningkatkan loyalitas pecinta basket di kota Bandung. Untuk menjelaskan penelitian ini, fokus permasalahan mikro dari penelitian terbagi menjadi identifikasi khalayak, penentuan tujuan, pesan yang disampaikan, media yang digunakan dan evaluasi kegiatan. Penelitian ini penggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan pada penelitian ini berjumlah 5 (lima) orang. Data diperoleh melalui wawancara, observasi partisipan, dokumentasi, studi pustaka, dan pencarian internet. Teknik analisis data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, analisis, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi Public Relations National Basketball League Indonesia dalam meningkatka loyalitas pecinta basket di kota Bandung melalui Program Live Streaming cukup berhasil. Identifikasi Sasaran Khalayak dari strategi komunikasi public media relations melalui program live streaming mempunyai sasaran khalayak yang berbeda terlebih penentuan sasaran khalayak disesuaikan berdasarkan segementasi. Penetapan Tujuan yang ingin dicapai, program live streaming memiliki tujuan yang jelas untuk meningkatkan loyalitas pecinta basket. Pesan yang disampaikan berupa informatif dan persuasif, informatif berupa pemberian informasi mengenai National Basketball League Indonesia berupa tayangan pertandingan melalui live streaming yang ditawarkan kepada pecinta basket. Media yang digunakan dalam program live streaming ini menggunakan media internet yang bekerja sama dengan telkom dan server yang bekerja sama dengan mitra net. Evaluasi Kegiatan dalam proses pelaksanaan dan evaluasi hasil kegiatan yang telah dilaksanakan melalui rapat dengan pihak-pihak yang bekerja sama dengan Public Media Relations National Basketball League Indonesia. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi komunikasi public media relations National Basketball League Indonesia yang dilakukan melalui program live streaming telah cukup berhasil, untuk meningkatkan loyalitas yang di inginkan oleh public media relations National Basketball League Indonesia.Saran dari peneliti adalah National Basketball League Indonesia diharapkan tidak menjadikan live streaming sebagai pilihan utama dalam menyajikan pertandingan-pertandingan yang berkulitas bagi para pecinta basket khusunya di kota Bandung. Tetapi dapat memperhitungkan televisi sebagai media untuk menyiarkan pertandingan sehingga dapat semakin berkembang dan menjadi lebih baik dari sekarang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Deskriptif, Strategi Komunikasi, Public Media Relations, Live streaming, Loyalitas, National Basketball League Indonesia.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23394

Actions (login required)

View Item View Item