Makna Perjuangan Seorang Ayah Pada Film The Persuit Of Happynes (Analisis semiotika Roland Barthes Mengenai Makna Perjuangan Seorang Ayah Dalam Film The Pursuit Of Happyness Karya Steve Corad )

Rizal Yakub, Muhamad (2015) Makna Perjuangan Seorang Ayah Pada Film The Persuit Of Happynes (Analisis semiotika Roland Barthes Mengenai Makna Perjuangan Seorang Ayah Dalam Film The Pursuit Of Happyness Karya Steve Corad ).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Metode penelitan kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika Roland Barthes yang menelah tentang tiga konsep makna konotatif, denotatif dan mitos. Pendekatan kualitatif adalah suatu proses penelitian dan pemahaman yang berdasarkan pada metodologi yang menyelidiki suatu fenomena sosial dan masalah manusia. Pada pendekatan ini, peneliti membuat suatu gambaran kompleks, meneliti kata-kata, laporan terinci dari pandangan peneliti terhadap analisis teks dari film yang diteliti. Tujuan penelitian untuk mengetahui tanda denotatif, konotatif, mitos mengenai perjuangan seorang ayah dalam Film The Pursuit Of Happyness. Hasil penelitian secara denotasi perjuangan seorang ayah pada film The Persuit Of Happyness dilihat dari aspek denotasi adalah Chris seorang ayah yang mempunyai karakter tangguh, yang terus berusaha membahagikan anaknya. Perjuangan seorang ayah yang bisa terliaht dari Sequence 6 potong gambar telah merepresentasikan perjuangan seorang ayah untuk mempertahankan hidup dan untuk membahagikan anaknya. Secara konotasi perjuangan seorang ayah pada film The Persuit Of Happyness dilihat dari aspek konotasi adalah, dari karakter Chris seorang bisa terlihat dari Sequence 6 potong gambar di mana pada setiap adegannya Chris berusaha berjuang untuk membahagikan baik pada adegan saat ia berlari karena tidak membayar taksi, berusaha meyakinkan pemilik kontrakan agar tidak diusir, memberi nasehat kepada anaknya, serta mencapai kesuksesan karena akhirnya diterima kerja disalah satu perusahaan yang ia inginkan. Secara mitos bahwa secara realitasnya, sosok ayah pada umumnya adalah sosok yang sangat kuat, pantang menyerah serta mempunyai keinginan untuk memberikan semua yang terbaik untuk keluarganya. Meskipun ada sebagian kecil ayah yang terkadang melakukan tindakan khilaf yaitu melakukan berbagai cara untuk membahagiakan keluarganya, sekalipun hal tersebut melanggar hukum dan merugikan orang, tetapi ia tetaplah sosok penting yang dapat membahagikan Kesimpulan dari penelitian ini adalah perjuangan seorang ayah pada umumnya adalah sosok yang sangat kuat, pantang menyerah serta mempunyai keinginan untuk memberikan semua yang terbaik untuk keluarganya. Meskipun ada sebagian kecil ayah yang terkadang melakukan tindakan khilaf yaitu melakukan berbagai cara untuk membahagiakan keluarganya, sekalipun hal tersebut melanggar hukum dan merugikan orang, tetapi ia tetaplah sosok penting yang dapat membahagikan. Bagaimana pun keadaan seorang ayah tetap bagian penting dari semua keluarga.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Denotasi, Konotasi, Mitos, Film The Pursuit Of Happyness
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23400

Actions (login required)

View Item View Item