perilaku Komunikasi Komunitas Info Vespa Bandung Di Kota Bandung (studi Fenomenologi Mengenai Perilaku Komunikasi Info Vespa Bandung Dalam Penggunaan Culture MOd Sebagai Gaya Hidup)

Wisnu Sasongko, Bonifasius (2015) perilaku Komunikasi Komunitas Info Vespa Bandung Di Kota Bandung (studi Fenomenologi Mengenai Perilaku Komunikasi Info Vespa Bandung Dalam Penggunaan Culture MOd Sebagai Gaya Hidup).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perilaku Komunikasi Komunitas Info Vespa Bandung. Penelitian ini membahas tentang perilaku komunikasi dilihat dari komunikasi verbal, komunikasi non verbal, dan motif yang melatari perilaku komunikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah studi Fenomenologi. Proses pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Selain itu, teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipasi, dokumentasi, dan pencarian data di internet. Teknik analisa data yang digunakan adalah model siklus Miles dan Huberman untuk membahas mengenai permasalahan penelitian. Hasil penelitian diperoleh bahwa perilaku komunikasi dilihat dari komunikasi verbal berupa penggunaan bahasa Mod yang menjadi ciri khas dan penggunaan bahasa ketika berada pada komunitas dan diluar komunitas. Sedangkan komunikasi non verbal berupa penggunaan bahasa tubuh seperti salam mojo yang wajib dilakukan dan penampilan fisik, dilihat dari penampilan pakaian yang wajib menggunakan jaket parka, harrington, casual shoes, dan vespa. Terakhir adanya motif masa lalu dan masa depan seperti alasan memilih kultur Mod sebagai gaya hidup, dalam membentuk perilaku komunikasi tersebut. Kesimpulan perilaku komunikasi Komunitas Info Vespa Bandung berupa penggunaan bahasa Mod yang kaya akan makna, penggunaan salam Mojo yang memang wajib dilakukan pada komunitas tersebut��, penggunaan pakaian khas Mod yang menjadi ciri khas komunitas tersebut. Dan yang terakhir adalah adanya motif masa lalu yang berasal dari pengalaman dan ajakan teman serta motif masa depan untuk ikut melestarikan dan bentuk tanggungjawab terhadap kultur Mod yang di anut. Komunitas Info Vespa Bandung merupakan komunitas yang memilih kultur Mod sebagai gaya hidupnya. Kultur Mod merupakan kultur yang di adopsi dari budaya luar negri yaitu Inggris. Oleh karena itu Komunitas Info Vespa Bandung memandang keadaan yang dirasa lebih berguna dibandingkan hanya berkumpul saja.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perilaku Komunikasi, Komunikasi Verbal, Komunikasi Non Verbal, Motif.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23402

Actions (login required)

View Item View Item