Pola Komunikasi Orang Tua Dengan Anak Skinhead (studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Pola Komunikasi Orang TUa Dengan Anak Sebagai Komunitas Skinhead Dalam Berinteraksi Di Kota Bandung)

Adhitama, Abhywidya (2015) Pola Komunikasi Orang Tua Dengan Anak Skinhead (studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Pola Komunikasi Orang TUa Dengan Anak Sebagai Komunitas Skinhead Dalam Berinteraksi Di Kota Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini berjudul Pola Komunikasi Orang Tua Dengan Anak Skinhead. Untuk mengetahui mengenai pola komunikasi, penelitian ini membahas dilihat dari proses komunikasi dan hambatan komunikasi. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan studi deskriptif. Pemilihan informan menggunakan teknik Purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, studi pustaka, dan penelusuran data online. Teknik analisis data dengan reduksi data, pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada proses komunikasi Orang Tua Dengan Anak Skinhead di Kota Bandung diperoleh kebisaan-kebiasaan yang dilakuakan tiap harinya seperti dalam menasehati, memarahi, berdiskusi atau ngobrol dan memberikan pesan anaknya. Hambatan yang terjadi dalam penelitian ini berupa hambatan di antaranya hambatan semantik seperti perbedaan presepsi, hambatan mekanik seperti jarak,waktu dan melalui media elektronik, dan hambatan psikologi seperti ego antara orang tua dengan anak Skinhead. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan jika dari Pola komunikasi terbentuk karena adanya proses komunikasi yang berlanjut dan secara berulang-ulang. Proses yang terjadi biasanya berupa komunikasi secara langsung maupun melalui media telfon. Sebagai contoh berbicara dengan nada keras, menasehati; dengan lembut, mengancam, memarahi (Verbal: dengan kata dan notasi tinggi. Nonverbal: gesture, pelototan, menunjuk). Saran dari peneliti agar terjadinya komunikasi yang efektif antara Orang Tua dengan Anak Skinhead bisa dilakukan secara lanagsung tidak menggunakan media elektronik atau handphone. Karena komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang secara langsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Orang Tua, Anak
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23405

Actions (login required)

View Item View Item