Aktivitas Komunikasi Dalam Upacara Adat Nujuh Bulanan Di Kota Bandung (Studi Etnografi Komunikasi Mengenai Aktivitas Komunikasi Dalam Upacara Adat Nujuh Bulanan Di Kota Bandung)

Nugraha, Arip (2015) Aktivitas Komunikasi Dalam Upacara Adat Nujuh Bulanan Di Kota Bandung (Studi Etnografi Komunikasi Mengenai Aktivitas Komunikasi Dalam Upacara Adat Nujuh Bulanan Di Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan secara mendalam tentang Aktivitas Komunikasi dalam Upacara Adat Nujuh bulanan di Kota Bandung. Penelitian ini membahas tentang aktivitas komunikasi dilihat dari situasi komunikatif, peristiwa komunikatif dan tindakan komunikatif. Pendeketan penelitian ini adalah kualitatif dengan studi etnografi komunikasi dan menggunakan teori interaksi simbolik. Subjek penelitian adalah beberapa orang yang ikut serta pada upacara adat nujuh bulanan, keseluruhan informan terdiri dari 5 orang yang di peroleh melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi non partisipan, dokumentasi, studi pustaka, dan penelusuran data online. Teknik uji keabsahan data dengan cara peningkatan ketekunan, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, dan membercheck. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Situasi Komunikatif yaitu tempat terjadinya peristiwa atau proses komunikasi saat berlangsungnya upacara adat Nujuh Bulanan di halaman rumah keluarga ibu hamil. Peristiwa Komunikatif Upacara Adat Nujuh Bulanan merupakan bentuk ritual khusus yang dilaksanakan saat ibu hamil memasuki kehamilan usia tujuh bulan, sedangkan Tindakan Komunikatif dalam Upacara Adat Nujuh Bulanan yaitu berbentuk permohonan kepada sang pencipta dan perilaku nonverbal yang terdapat makna tertentu pada saat pengajian, siraman, ganti kain, meloloskan telur serta belut, belah kelapa, jualan rujak dan proses saweran. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa aktivitas komunikasi dalam Upacara Adat Nujuh Bulanan merupakan tradisi adat sunda yang dilaksanakan saat ibu hamil memasuki usia kehamilan tujuh bulan yang sudah dilaksanakan dari zaman dahulu, yang didalam pelaksanaannya memiliki permohonan kepada sang pencipta. Saran dari penelitian ini diharapkan agar masyarakat Sunda khususnya di Kota Bandung tetap memegang teguh warisan dari leluhur dan agar tetap melestarikan Upacara Adat Nujuh Bulanan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Situasi Komunikatif, Peristiwa Komunikatif , Tindakan Komunikatif dan Aktivitas Komunikasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23407

Actions (login required)

View Item View Item