Perilaku Komunikasi Siswa/Siswi Penerima Beasiswa Bantuan Khusus Walikota (BAWAKU) Di SMK Negeri 3 Kota Bandung (studi Kasus Tentang Perilaku Komunikasi Siswa/Siswi Penerima Beasiswa Bantuan Khusus Walikota (BAWAKU) Di SMK Negeri 3 Kota Bandung Dalam Meni

Achmad Rifai, Dindin (2015) Perilaku Komunikasi Siswa/Siswi Penerima Beasiswa Bantuan Khusus Walikota (BAWAKU) Di SMK Negeri 3 Kota Bandung (studi Kasus Tentang Perilaku Komunikasi Siswa/Siswi Penerima Beasiswa Bantuan Khusus Walikota (BAWAKU) Di SMK Negeri 3 Kota Bandung Dalam Meni.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini, bertujuan untuk mengkaji mengenai mengetahui perilaku komunikasi siswa/siswi penerima beasiswa bantuan khusus walikota (BAWAKU) di smk negri 3 kota Bandung dalam meningkatkan citra diri dilingkungan sekolahnya. Penelitian ini menganalisa tentang perilaku komunikasi dilihat dari komunikasi verbal komunikasi nonverbal dan hambatan komunikasi. Pendekatan penelitian adalah kualitatif, metode penelitian adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi langsung ke lapangan, dokumentasi,studi pustaka dan internet searcing. Teknik yang digunakan dalam pemilihan informan adalah menggunakan purposive sampling melalui pertimbangan sesuai dengan tujuan penelitan. Hasil penelitian, menunjukan bahwa perilaku komunikasi siswa penerima beasiswa dilihat dari komunikasi verbal yang digunakan. Komunikasi verbal siswa penerima beasiswa BAWAKU dilihat dari pengungkapan melalui kata-kata atau lisan. Siswa/siswi penerima beasiswa juga menggunakan komunikasi nonverbal dalam berkomunikasi dengan guru ataupun siswa/siswi lainnya yang tidak menerima beasiswa BAWAKU. dilihat dari gesture tubuh dan expresi wajah. hambatan komunikasi yang terjadi pada siswa/siswi penerima beasiswa terjadi karena siswa/siswi merasa malu dalam berkomunikasi baik dengan guru ataupun siswa/siswi lainnya. Saran, dari penelitian ini adalah seharusnya siswa/siswi tidak usah merasa malu pada saat mendapatkan beasiswa BAWAKU dan siswa/siswi harus termotivasi oleh beasiswa BAWAKU untuki lebih rajin lagi belajar karena sudah diringankan oleh pihak sekolah. Untuk sekolah yang memberikan beasiswa agar bisa memberikan motivasi kepada siswa/siswi yang merasa minder atau malu pada saat mendapatkan beasiswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Komunikasi, Verbal, Nonverbal, Hambatan, Siswa, Beasiswa Studi Kasus
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23409

Actions (login required)

View Item View Item