Pengaruh Struktur Modal Dan Return On Equity Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Di Bursa Efek Indonesia)

Novianti, Yunita (2013) Pengaruh Struktur Modal Dan Return On Equity Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Di Bursa Efek Indonesia).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Nilai perusahaan sangat penting karena mencerminkan kinerja perusahaan yang dapat mempengaruhi persepsi investor terhadap perusahaan. Nilai perusahaan sering dikaitkan dengan harga saham, dimana semakin tinggi harga saham maka nilai perusahaan dan kemakmuran para pemegang saham pun juga meningkat. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan struktur modal dan return on equity terhadap nilai perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia baik secara simultan maupun parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu laporan keuangan tahunan 6 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2006-2010 sebanyak 30 buah sampel dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan statistik uji-F dan uji-t. Proses analisis statistik tersebut menggunakan program SPSS Versi 18.0 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian bahwa variabel struktur modal dan return on equity terhadap nilai perusahaan memiliki hubungan yang kuat dengan arah positif yang artinya setiap kenaikkan struktur modal dan return on equity akan diikuti oleh kenaikkan nilai perusahaan. Kesimpulan dari analisis statistik tersebut adalah penelitian secara simultan struktur modal dan return on equity berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa struktur modal tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan dan return on equity berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: struktur modal, return on equity, nilai perusahaan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23411

Actions (login required)

View Item View Item