Representasi Kelas Sosial Dalam Film Snowpiecer (Analisis Semiotika John Mengenai Representasi Kelas Sosial Dalam Film Snowpiecer Karya Bong Jon Hoo)

Soegito Putra, Ferdy (2015) Representasi Kelas Sosial Dalam Film Snowpiecer (Analisis Semiotika John Mengenai Representasi Kelas Sosial Dalam Film Snowpiecer Karya Bong Jon Hoo).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui makna semiotik mengenai kelas sosial yang terdapat dalam film Snowpiercer, dan menganalisis apa saja makna yang terdapat dalam film Snowpiercer yang berkaitan dengan kelas sosial yaitu leve realitas, level representasi, dan level ideologi yang merupakan kode-kode Jhon Fiske. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan menggunakan analisis semiotik John Fiske. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, dan penelusuran data online. Objek yang dianalisis merupakan sequence yang terdapat dalam film Snowpiercer dengan membagi kedalam sequence yaitu sequence Prolog, Ideological Content, dan Epilog yang merepresentasikan 3 level yaitu level realitas, level representasi, dan ideologi.Hasil penelitian menunjukan kelas sosial pada level realitas dilihat dari kode-kode seperti kostum, cara berbicara, perilaku dan riasan. level representasi menggambarkan kelas sosial dilihat dari kode-kode teknik seperti pengambilan gambar dengan menggunakan kombinasi shoot, dialog, aksi dan konflik. pada level ideologi didapat ideologi kapitalis yang merupakan sebuah ideologi dimana kaum pemilik modal memiliki peran utama dalam sistem produksi sedangkan pada kaum buruh justru menggantungkan dirinya pada kaum pemilik modal.Simpulan ini menunjukankelas sosial dilakukan dengan memadukan kode-kode dalam The Codes of Television John Fiske. Film Snowpiercer menggambarkan fenomena kelas sosial dalam kehidupa masyarakat. Dimana kelas sosial menimbulkan kesenjangan sosial pada masyarakat.Saran yang dapat peneliti berikan dari analisis semiotik John Fiske pada film Snowpiercer adalah masyarakat dapat lebih mengetahui bagaimana sistem kelas berdasarkan sistem produksinya, yang kaitannya dengan aspek ekonomi pada masyarakat, serta menjadi tolak ukur dalam menyikapi fenomena kelas yang ada di kehidupan masyarakat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kode-kode televisi, Kelas Sosial, Snowpiercer
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23416

Actions (login required)

View Item View Item