Dinamika Komunikasi Politik Konferda DPD PDI Perjuangan Jawa Barat (Studi Kasus Mengenai Komunikasi Politik Calon Ketua Termuda Dalam Konferda DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Periode 2015-2020)

Khanoris, Wahyu (2015) Dinamika Komunikasi Politik Konferda DPD PDI Perjuangan Jawa Barat (Studi Kasus Mengenai Komunikasi Politik Calon Ketua Termuda Dalam Konferda DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Periode 2015-2020).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahuai secara mendalam tentang Dinamika Komunikasi Politik Konferda DPD PDI Perjuangan Jawa Barat dengan fokus Komunikasi Politik Calon Ketua Termuda Dalam Konferda DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Periode 2015-2020. Untuk menjabarkan fokus penelitian , maka peneliti membagi ke dalam beberapa sub-sub masalah mikro yaitu, proses komunikasi politik dan realitas komunikasi politik. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif interaktif Studi Kasus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 (enam) orang, yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui Wawancara, Observasi, Dokumentasi dan Studi Pustaka. Teknik uji keabsahan data dengan uji credibility dengan cara triangualisasi, dan membercheck.Hasil penelitian menunjukan bahwa, Proses komunikasi politik konferda DPD PDI Perjuangan Jawa Barat adalah sebuah rentetan kejadian yang terjadi saat konfecab, penjaringan & penyaringan dan terakhir tahap konferda. Pada semua tahap komunikasi politik yang dilakukan oleh calon ketua termuda mengunakan Struktural Partai PDI Perjuangan dan personal ke DPC & PAC serta komunikasi ke DPP. Dengan mengunakan Struktural dan personal calon ketua termuda lebih mudah untuk melakukan komunikasi politiknya. Realitas komunikasi politik yang terjadi saat Konferda DPD PDI Perjuangan Jawa Barat yaitu menculnya nama Abdy Yuhana dalam 3 (tiga) besar calon ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat. Serta calon ketua termuda mendapat 69 suara rekomendasi dari DPC dan PAC.Kesimpulan Proses komunikasi politik konferda DPD PDI Perjuangan Jawa Barat bahwa proses komunikasi politik terjadi pada saat konfercab, penjaringan dan penyaringan dan terakhir yaitu Konferda yang terjadi begitu dinamis, dimana calon ketua termuda melakukan komunikasi politik dengan memanfaatkan hierarki struktural partai dan personal. Realitas Komunikasi Politik DPD PDI Perjuangan Jawa Barat munculnya nama calon ketua termuda sebagai ketiga calon ketua yang direkomendasikan oleh DPP. Setelah dilakukan nya Musyawarah mufakat terpilihlah TB.Hassanudin sebagai Ketua, Abdy Yuhana sebagai Sekertaris dan Aang Hamid Suganda sebagai Wakil Ketua.Saran Proses Komunikasi Politik Konferda DPD PDI Perjuangan Jawa Barat harus dilakukan lebih terbuka lagi, dimana calon ketua bisa memaparkan visi-misinya terlebih dahulu sebelum diadakannya proses musyawarah mufakat, agar peserta mampu melihat kualitas calon. Realitas komunikasi politik Konferda DPD PDI Perjuangan Jawa Barat dalam prosesnya masih adanya ganguan dan hambatan misal adanya pengunduran hari dilaksanakannya konferda hal tersebut sangat mempengaruhi jalannya konferda termasuk dinamisnya nama-nama calon ketua yang bakal direkomendasikan oleh DPP PDI Perjuangan Jawa Barat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Dinamika Komunikasi Politik, Komunikasi Politik, Politik Komunikasi, Politik, Komunikasi, PDI Perjuangan.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23419

Actions (login required)

View Item View Item