Strategi Humas Pemerintah Kota Cimahi Dalam Mempromosikan Batik Ciawitali Sebagai Batik Khas Kota Cimahi Melalui Acara Beauty of Cimahi Craft

Asep Ridwan, Muhammad (2015) Strategi Humas Pemerintah Kota Cimahi Dalam Mempromosikan Batik Ciawitali Sebagai Batik Khas Kota Cimahi Melalui Acara Beauty of Cimahi Craft.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Humas Daerah Pemerintahan Kota Cimahi Dalam Mempromosikan Batik Ciawitali. Sub fokus dari penelitian ini yaitu Strategi Humas, Perencanaan, dan Manajemen.Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan 2 cara, yaitu pengumpulan data melalui penelitian lapangan wawancara, observasi, dokumentasi dan penelitian kepustakaan atau data yang di peroleh dari sumber lain, seperti buku, literatur, ataupun catatan-catatan perkuliahan dan saat praktek kerja lapangan.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Strategi Humas memiliki perencanaan dan manajemen yang baik. Strategi Perencanaan yang dilakukan humas dengan adanya perencanaan komunikator dan perencanaan media. perencanaan komunikator baik itu dari sikap, keahlian, daya tarik yang digunakan, pendekatan, serta cara penyampaian kepada masyarakat. perencanaan media yang dilakukan humas mulai dari penyusunan jadwal yang menunjukkan waktu dan ruang untuk mencapai tujuan. Strategi Manajemen humas yang dilakukan yaitu agar sesuai dengan maka dibutuhkan adanya pegawai, bahan, mesin, metode, anggaran dan pemasaran. Sehingga acara Beauty of Cimahi Craft dalam mempromosikan batik Ciawitali sebagai batik khas Kota Cimahi yang dilakukan oleh bagian Humas berhasil membuat masyarakat yang datang dapat mengetahui, memakai dan mencintainya. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian bahwa humas pemerintah Kota Cimahi memiliki strategi sangat baik dalam perencanaan dan manajemen. dalam organisasi pemerintah maupun kepada masyarakat. semua fungsi manajemen takkan berjalan tanpa adanya sarana dan prasarana sehingga humas dapat menyampaikan berbagai informasi publik yang memang wajib diketahui publik kepada masyarakat melalui acara atau media yang tepat serta menjalankan peran kehumasannya dengan baik.Saran untuk Pemerintah Kota Cimahi agar mempromosikan acara ini menggunakan media massa secara intensif agar masyarakat bisa mengetahuinya jauh-jauh hari.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Humas, Perencanaan, Manajemen, Promosi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23425

Actions (login required)

View Item View Item