Strategi Komunikasi Bidang Leyanan Dan Pengembangan Usaha Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Bandung

Sukirman, Irman (2015) Strategi Komunikasi Bidang Leyanan Dan Pengembangan Usaha Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mendeskripsikan mengenai Strategi Komunikasi Bidang Layanan dan Pengembangan Usaha Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Bandung melalui kegiatan Off-Air dalam menjaga citra lembaganya. Untuk menjawab penelitian tersebut, maka diangkat sub fokus yaitu Identifikasi sasaran khalayak, penentuan tujuan , pesan yang disampaikan, media yang digunakan serta evaluasi kegiatan.Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan menggunakan Metode Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, studi pustaka, dan internet searching. Subjek penelitian adalah Bidang Layanan dan Pengembangan Usaha Lembaga LPP RRI Bandung dan Divisi Komunikasi Publik LPP RRI Bandung yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Menggunakan teknik analisa data dengan tahapan reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan, evaluasi, dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil penelitian bahwa Identifikasi Sasaran Khalayak dari kegiatan off-air Bidang Layanan dan Pengembangan Usaha LPP RRI Bandung mempunyai sasaran khalayak yeng berbeda terlebih penentuan sasaran khalayak disesuaikan berdasarkan kegiatan dan segementasi. Penetapan Tujuan yang ingin dicapai, Setiap kegiatan off-air memiliki tujuan yang jelas untuk branding serta pecitraan, dan juga menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat dimana Radio Republik Indonesia harus menjadi Rumah Rakyat Indonesia. Pesan yang disampaikan berupa informatif dan persuasif informatif berupa pemberian informasi mengenai LPP RRI Bandung dari segi produk serta jasa yang ditawarkan kepada masyarakat. Media yang digunakan dalam kegiatan off-air menggunakan banyak media seperti baliho, spanduk, comfany profile, map folder dan speaker yang disesuaikan dengan divisi-divisi yang terdapat di Bidang layanan dan pengembangan usaha. Evaluasi Kegiatan dalam proses pelaksnaan dan evaluasi hasil yang dilkasnakan dengan rapat dengan pijak-pihak trekiat serta pimpinan LPP RRI Bandung.Kesimpulan dari penelitian ini adalah Strategi Komunikasi Bidang Layanan dan Pengembangan Usaha Lembaga LPP RRI Bandung ialah strategi komunikasi yang dilakukan melalui kegiatan off-air telah tepat, untuk menghasilkan citra yang di inginkan oleh LPP RRI Bandung yaitu RRI ingin menjadi media radio yang mampu menyentuh semua kalangan sehingga RRI ingin memiliki citra sebagai lembaga yang dibutuhkan oleh publik.Saran dari penelitian ini adalah pihak Bidang Layanan dan Pengembangan Usaha Lembaga LPP RRI Bandung buatlah kegiatan off-air yang lebih bervariasi sehingga masyarakat akan tertarik dan menyentuh segala kalangan masyarakat. Kegiatan off-air seperti pekan kreatif untuk para remaja di Bandung sehingga dapat memberi kontribusi dan kegiatan positif dan dapat membangun generasi penerus bangsa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, kegiatan off-air, Citra, LPP RRI Bandung
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23430

Actions (login required)

View Item View Item