Representasi Makna Wanita Korban Kekerasan Seksual Suami Dalam Film 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita (Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Representasi Makna Wanita Korban Kekerasan Seksual Suami Dalam Film 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita)

Nurrahmi Putri, Amalia (2015) Representasi Makna Wanita Korban Kekerasan Seksual Suami Dalam Film 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita (Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Representasi Makna Wanita Korban Kekerasan Seksual Suami Dalam Film 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana makna kekerasan seksual yang dialami oleh seorang wanita, bernama Lili. kekerasan tersebut dilakukan oleh san suami. Dengan titik fokus penelitiannya kepada berbagai perilaku yang menunjukkan adanya kekerasan seksual. Hal tersebut, dapat ditinjau dari komunikasi verbal dan nonverbal pada suatu adegan.Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Selain itu, penulis pun memilih pendekatan semiotika Roland Barthes guna menemukan makna tersembunyi dibalik simbol-simbol yang terdapat dalam berbagai adegan. Dengan melakukan analisis secara denotatif, konotatif dan mitos.Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka penulis memperoleh makna denotatif yang menggambarkan bahwa Lili mengalami kekerasan seksual oleh suaminya sendiri yang memiliki penyimpangan seksual. Makna konotatif dalam film ini, terdapat komunikasi verbal dan nonverbal yang menunjukan bahwa adanya kekerasan seksual. Lalu makna mitos dalam scene ini ditunjukan dengan adanya penggambaran bahwa Lili terlalu mengandalkan perasaannya dalam bertindak. Meskipun semakin hari keadaan Lili dan kandungannya kian memburuk. Sehingga menimbulkan kecemasan beberapa orang terdekat Lili.Kesimpulan yang didapat bahwa Film 7 Hati 7 Cinta Wanita ini memiliki makna kekerasan seksual didalamnya verbal maupun nonverbal. Terdapat dari beberapa tokoh dalam film serta dari sikap dan sifat Lili dan sang suami yang menunujukan adanya ketidak wajaran dengan sikap yang ditunjukan oleh sang suami.Peneliti memberikan saran agar peneliti selanjutnya lebih memahami dan mengenal terlebih dahulu mengenai masalah yang akan diteliti dan memahami kajian analisis semiotika. Agar lebih menyempurnakan penelitian di bidang analisis semiotika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Film 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita, kekerasan seksual, denotatif, konotatif, mitos/ideologi.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23437

Actions (login required)

View Item View Item