Strategi Promosi Badan Promosi Dan Pariwisata Kota Bandung (BPPKB) Melalui Transportasi Wisata Bandung Tour On Bus (Bandros) Dalam Meningkatkan Minat Wisatawan Domestik

Rd, and Utami, Karlina (2015) Strategi Promosi Badan Promosi Dan Pariwisata Kota Bandung (BPPKB) Melalui Transportasi Wisata Bandung Tour On Bus (Bandros) Dalam Meningkatkan Minat Wisatawan Domestik.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji mengenai Strategi Promosi Badan Promosi dan Pariwisata (BPPKB) Kota Bandung Melalui Wisata Bandung Tour On Bus (Bandros) Dalam Meningkatkan Minat Wisatawan Domestik. Untuk menjawab strategi tersebut peneliti menggunakan 3 sub fokus yaitu identifikasi target audiens yang dipilih, rancangan pesan yang disampaikan dan pemilihan media yang digunakan.Pendekatan penelitian adalah kualitatif, metode penelitian adalah desktiptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi langsung ke lapangan, dokumentasi, studi pustaka dan internet searching. Teknik yang digunakan dalam pemilihan informan adalah menggunakan purposive sampling melalui pertimbangan sesuai dengan tujuan penelitan.Hasil penelitian menunjukan bahwa Badan Promosi dan Pariwisata Kota Bandung (BPPKB) memiliki identifikasi target audiens Transportasi Wisata Bandung Tour On Bus (Bandros) dari semua kalangan baik rentang usia, kondisi ekonomi, dan wisatawan yang berasal dari lokal, domestik juga mancanegara. Rancangan pesan yang disampaikan bersifat informatif dan persuasif, sehingga dapat menarik minat para wisatawan domestik datang ke Bandung untuk menggunakan Transportasi Wisata Bandung Tour On Bus (Bandros). Pemilihan media yang digunakan memanfaatkan media sosial seperti twitter, instagram, facebook, selain itu terdapat juga media telivisi, dan majalah. Kesimpulan penelitian ini bahwa strategi promosi Strategi Promosi Badan Promosi dan Pariwisata (BPPKB) Kota Bandung Melalui Wisata Bandung Tour On Bus (Bandros) yang terdiri dari identifikasi target audiens yang dipilih, rancangan pesan yang dibuat dan pemilihan media yang dapat menarik minat wisatawan domestik ke Kota Bandung. Hal tersebut terlihat dari antrian yang terjadi untuk mencoba Bandros, daftar reservasi yang full book, dan antusiasme wisatawan domestik yang ingin datang ke Kota Bandung mencoba Bandros.Saran pada penelitian ini untuk Badan Promosi dan Pariwisata Kota Bandung (BPPKB) adalah Rancangan pesan yang disampaikan di desain dengan membuat bentuk animasi yang digemari anak, remaja maupun orang dewasa untuk menarik perhatian agar tidak monoton hanya berupa teks, media diperbanyak untuk menjangkkau seluruh wisatawan domestik di seluruh Indonesia, menambah armada Bandros dan petugas sebagai admin maupun petugas dilapangan untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan yang ingin berwisata dengan Bandros, dan menyedian ruang khusus untuk para wisatawan menunggu antrian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi, Minat Wisatawan, Bandung Tour On Bus (Bandros)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23440

Actions (login required)

View Item View Item