Usulan Perancangan Tata Letak Fasilitas Lantai Produksi Lemari Bagi Di PT. PLN (Persero) Jasa Dan Produksi Unit Produksi Bandung

Himawan, Chandra (2013) Usulan Perancangan Tata Letak Fasilitas Lantai Produksi Lemari Bagi Di PT. PLN (Persero) Jasa Dan Produksi Unit Produksi Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Disiplin ilmu Perancangan Tata Letak Fasilitas mempunyai peranan yang sangat penting dalam manajemen perusahaan. Terdapat banyak sekali masalah yang dihadapi perusahaan yang tidak sedikit menyebabkan perusahaan mengalami kerugian. Salah satu contoh masalah yang sering dialami yaitu penanganan material (Material Handling) di lantai produksi, penanganan material yang tidak menunjang akan berdampak pada kerugian perusahaan. Aliran proses yang panjang mengakibatkan material handling lebih mahal karena aktifitas pemindahan material yang terlalu panjang atau terlalu lama yang menyita banyak waktu dan menurunkan produktifitas sehingga pada akhirnya mengurangi keuntungan atau bahkan menyebabkan kerugian bagi perusahaan. Masalah tersebut diantaranya disebabkan karena pemindahan material yang tidak efisien yang terjadi dari satu stasiun kerja ke stasiun lainnya. Dengan kata lain, tata letak fasilitas dilantai produksi menjadi salah satu hal yang paling utama yang harus diperhatikan. Penelitian ini dilakukan di PT. PLN (PERSERO) Jasa dan Produksi Unit Produksi Bandung Objek penelitian yang dipilih adalah lantai produksi yang menjadi tempat pembuatan lemari bagi. Permasalahan yang menjadi penelitian di PT. PLN (PERSERO) Jasa dan Produksi Unit Produksi Bandung adalah permasalahan tata letak fasilitas yang mengalami pemborosan ruang dimana mesin yang digunakan dalam proses produksi lemari bagi diletakkan dalam beberapa ruangan yang berbeda, ini menyebabkan jarak yang ditempuh dalam proses produksi menjadi lebih panjang. Sehingga penulis memberikan rekomendasi untuk memperbaiki tata letak fasilitas, dimana fasilitas diletakkan dalam satu ruangan dengan membuat layout usulan dan membuat aliran material yang baru dan melakukan perhitungan OMH pada layout awal dan layout baru. Penelitian yang dilakukan di PT. PLN (PERSERO) Jasa dan Produksi Unit Produksi Bandung menghasilkan rancangan layout usulan, dimana pada layout usulan terjadi perubahan tata letak fasilitas menjadi satu ruangan dan aliran materal baru. Layout usulan ini menjadi rekomendasi kepada perusahaan. Selain itu pada layout baru ini terjadi penurunan OMH daripada layout awal yang dipakai perusahaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Layout, OMH
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:03
Last Modified: 16 Nov 2016 08:03
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23457

Actions (login required)

View Item View Item