Kredibilitas Pemandu Museum Geologi Bandung (Studi Deskriptif Mengenai Kredibilitas Para Pemandu Dalam Menyampaikan Informasi Kepada Pengunjung Museum Geologi Bandung)

Ramadhan S, Donny (2013) Kredibilitas Pemandu Museum Geologi Bandung (Studi Deskriptif Mengenai Kredibilitas Para Pemandu Dalam Menyampaikan Informasi Kepada Pengunjung Museum Geologi Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kredibilitas Pemandu Museum Geologi Bandung. Untuk menjawab masalah di atas, maka diangkat sub fokus - sub fokus penelitian berikut ini : Keahlian pemandu Museum Geologi Bandung, Kepercayaan pemandu Museum Geologi Bandung. Sub fokus tersebut untuk mengetahui fokus penelitian, yaitu : Kredibilitas Pemandu Museum Geologi Bandung. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan studi deskriptif. Informan dipilih dengan teknik Purposive sampling untuk informan utama penelitian berjumlah 5 orang, dan untuk memperjelas serta memperkuat data adanya informan kunci yang berjumlah 1 orang dimana teknik pengumpulan data dilakukan secara wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, studi pustaka dan internet searching. Teknik analisa data dilakukan dengan cara penyeleksian data, klasifikasi data, merumuskan hasil penelitian, triangulasi data dan menganalisa penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Keahlian yang dimiliki para pemandu Museum Geologi Bandung yakni dapat menguasai materi dan dapat berkomunikasi dengan baik dalam menyampaikan informasi seputar benda-benda atau koleksi yang dimiliki oleh Museum Geologi Bandung. Kepercayaaan dalam hal ini pemandu berusaha membentuk kesan positif kepada para pengunjung museum dengan bersikap sopan, ramah serta jujur agar mendapatkan kepercayaan dan berusaha memberikan informasi yang sesuai dengan fakta serta data-data yang berkaitan mengenai benda-benda ataupun koleksi yang ada di Museum. Kesimpulan kredibilitas pemandu Museum Geologi Bandung pemandu sudah memberikan informasi dengan baik melalui keahlian yang dimilikinya, pemandu juga berusaha memberikan keyakinan mengenai kebenaran informasi yang mereka dapatkan dengan menyampaikan informasi secara sopan, ramah dan jujur. Untuk itu peneliti menyarankan agar pemandu dan pengunjung harus ada koordinasi di lapangan dan pengunjung bisa lebih aktif dalam menerima informasi, dalam proses evaluasi harus mengevaluasi kinerja pemandu agar kualitas SDM tetap terjaga.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kredibilitas, Museum Geologi, Informasi, Komunikasi Kelompok
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:03
Last Modified: 16 Nov 2016 08:03
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23477

Actions (login required)

View Item View Item