Kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Di Wilayah Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung (Suatu Studi Dalam Penanggulangan Bencana Banjir)

Yudiana Efendi, Chandra (2013) Kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Di Wilayah Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung (Suatu Studi Dalam Penanggulangan Bencana Banjir).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Lingkungan hidup merupakan sumber yang penting bagi kehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya. Permasalahan lingkungan hidup yaitu terjadinya bencana banjir di wilayah di Kecamatan Baleendah sangatlah penting penanggulanganya karena sering terjadi. Pelaksanaan penanggulangan bencana banjir oleh BPBD Kabupaten Bandung memiliki kendala yaitu belum adanya peraturan daerah mengenai penanggulangan bencana sehingga alokasi dana kurang cukup memenuhi bantuan kebencanaan dan kurangnya jumlah aparatur serta kurang luas gudang penyimpanan bantuan dan logistik BPBD Kabupaten Bandung menjadikan kinerja BPBD Kabupaten Bandung dalam penanggulangan bencana banjir belum optimal. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kinerja organisasi publik menurut Agus Dwiyanto dalam bukunya Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia yang terdiri dari lima indikator, yaitu produktifitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik-teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui studi literatur, studi lapangan dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Aparatur BPBD Kabupaten Bandung, Dinas Sosial Kabupaten Bandung, TAGANA Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung serta Masyarakat di wilayah Kecamatan Baleendah yang mengetahui tentang penanggulangan becana banjir. Penentuan informan dengan menggunakan teknik purposif. Hasil penelitian menunjukan, produktivitas kinerja BPBD Kabupaten Bandung sudah cukup baik dengan adanya bantuan kepada korban banjir dan kejelasan waktu penanggulangan bencana banjir. Kualitas layanan kinerja BPBD Kabupaten Bandung cukup baik dilihat dari adanya fasilitas teknologi komunikasi dan infoemasi serta adanya diklat kepada aparatur dan masyarakat. Responsivitas kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Baleendah cukup baik, hal tersebut di lihat dari adanya peringatan dini dan tanggap darurat serta pemenuhan akan kebutuhan masyarakat yang terkena banjir. Responsibilitas BPBD Kabupaten Bandung berjalan cukup baik kareana sudah sesuai dengan pra SOP dan peraturan yang ada. Akuntabilitas Kinerja BPBD Kabupaten Bandung sudah baik dilihat dari tercapainya sasaran dari kegiatan atau program BPBD Kabupaten Bandung. Dengan demikian kinerja BPBD di wilayah Kecamatan Baleendah dalam penanggulangan bencana banjir dinilai sudah cukup baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Bencana Banjir
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:03
Last Modified: 16 Nov 2016 08:03
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23499

Actions (login required)

View Item View Item