Peranan Center For International Forestry Research (CIFOR) Melalui Program Improving Economic Outcomes For Smallholders Growing Teak In Agroforestry Systems In Indonesia Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Pengelolaan Hutan Jati Di Gu

Mubarak Ahmad, Amir (2013) Peranan Center For International Forestry Research (CIFOR) Melalui Program Improving Economic Outcomes For Smallholders Growing Teak In Agroforestry Systems In Indonesia Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Pengelolaan Hutan Jati Di Gu. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini adalah mengenai bagaimana peranan CIFOR melalui program Improving Economic Outcomes for Smallholders Growing Teak in Agroforestry Systems in Indonesia dalam pengelolaan hutan jati dan meningkatkan kesejahteran masyarakat di wilayah Kabupaten Gunungkidul tahun 2007-2010. Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan peran petani dalam produksi kayu jati di Indonesia dengan mengidentifikasi hambatan untuk keterlibatan dan mengidentifikasi cara untuk mengurangi hambatan tersebut, dengan demikian meningkatkan mata pencaharian petani kecil. Metode dan teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan studi kepustakaan serta lapangan, dengan menggunakan metode ini dapat diambil hipotesis untuk mengidentifikasikan permasalahan tersebut, hipotesis tersebut "Peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat petani disekitar hutan di Kabupaten Gunungkidul dapat ditingkatkan melalui program Improving Economic Outcomes for Smallholders Growing Teak in Agroforestry Systems in Indonesia ditandai dengan adanya pengenalan dan adaptasi teknologi silvikultural, penyediaaan insentif untuk partisipasi petani pohon jati, serta kemudahan mencapai akses pasar bagi petani jati skala kecil". Hasil uji dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kerjasama CIFOR dengan para mitra melalui program Improving Economic Outcomes for Smallholders Growing Teak in Agroforestry Systems in Indonesia telah memberikan peranan dalam menangani masalah pengelolan hutan jati dan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kabupaten Gunungkidul yang ditandai dengan terbitnya buku Pengelolaan Hutan Jati Rakyat Panduan Lapangan untuk Petani. Berdasarkan data-data yang terkumpul serta hasil analisis dari peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diatas telah teruji.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hutan, Petani, Agroforestri, Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:03
Last Modified: 16 Nov 2016 08:03
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23515

Actions (login required)

View Item View Item