Perilaku Komunikasi Orang berambut Gimbal Di KOta Bandung (studi Fenomenologi Tentang Perilaku Komunikasi Orang Berambut Gimbal Di KOta Bandung)

Gundara, Gugah (2015) Perilaku Komunikasi Orang berambut Gimbal Di KOta Bandung (studi Fenomenologi Tentang Perilaku Komunikasi Orang Berambut Gimbal Di KOta Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Perilaku Komunikasi Orang Berambut Gimbal di Kota Bandung. Penelitian ini membahas tentang perilaku komunikasi dilihat dari komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal dari perilaku komunikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi fenomenologi. Proses pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, studi pustaka, dan penelusuran data online. Teknik analis data dengan reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan evaluasi.Hasil penelitian diperoleh bahwa perilaku komunikasi orang berambut gimbal di kota Bandung dilihat dari komunikasi verbal terdapat beberapa bahasa yang sering digunakan seperti bahasa Sunda, bahasa Indonesia, dan bahasa prokem serta penggunaan nama alias. Sedangkan dalam komunikasi non verbal orang berambut gimbal, bahasa tubuh seperti ekspresi wajah, tatap mata, dan gerakan tangan serta penampilan fisik berupa rambut gimbal serta penggunaan aksesoris pakaian seperti gelang, ikat rambut, handband, headband serta kupluk.Simpulan penelitian menyatakan bahwa perilaku komunikasi orang berambut gimbal ketika berinteraksi dengan lingkungannya lebih dominan menggunakan bahasa Sunda daripada bahasa Indonesia serta kadang-kadang menggunakan bahasa prokem ketika berkomunikasi dengan sesama orang berambut gimbal. Bahasa tubuh orang berambut gimbal jarang digunakan serta lebih terlihat santai, namun mereka cenderung ekspresif dalam berpakaian.Saran untuk orang berambut gimbal sebaiknya lebih meningkatkan lagi penggunaan bahasa Indonesia, tapi tidak meninggalkan unsur budaya bahasa sunda. Bahasa tubuh perlu ditingkatkan lebih baik lagi, agar komunikasi lebih interaktif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perilaku Komunikasi, Komunikasi Verbal, Komunikasi Nonverbal, Rambut Gimbal.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:03
Last Modified: 16 Nov 2016 08:03
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23565

Actions (login required)

View Item View Item