Pola Komunikasi Pengajar Di Unit Pelaksana Teknis Balai Informasi Teknologi LIPI Bandung (Studi Deskriptif Mengenai Pola Komunikasi Pengejaar Dalam Kegiatan Pelatihan Multimedia Di Unit Pelaksana Teknis Balai Informasi Teknologi LIPI Bandung)

Firmasyah, Fajar (2015) Pola Komunikasi Pengajar Di Unit Pelaksana Teknis Balai Informasi Teknologi LIPI Bandung (Studi Deskriptif Mengenai Pola Komunikasi Pengejaar Dalam Kegiatan Pelatihan Multimedia Di Unit Pelaksana Teknis Balai Informasi Teknologi LIPI Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Komunikasi Pengajar Dalam Kegiatan Pelatihan Multimedia di UPT Balai Informasi Teknologi - LIPI Bandung. Sub fokus dari penelitian ini yaitu Proses Komunikasi dan Hambatan Komunikasi.Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan studi deskriptif. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling, Informan Kunci berjumlah 2 (dua) orang dari Pengajar Pelatihan Multimedia UPT Balai Informasi Teknologi - LIPI Bandung, dan untuk memperjelas serta memperkuat data dengan adanya informan pendukung berjumlah 2 (dua) orang dari Peserta Pelatihan Multimedia. Data penelitian diperoleh melalui observasi non partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi, studi pustaka dan penelusuran data online. Adapun teknik analisis data dengan mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.Hasil Penelitian menunjukan bahwa Proses Komunikasi Pengajar dilakukan secara primer dan secara sekunder. Secara primer disampaikan dengan bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dibawakan tidak kaku dan cenderung santai, pembawaan gesture pengajar santai, dan pakaian yang dipakai pengajar formal. Secara sekunder disampaikan dengan menggunakan media whiteboard, proyektor, video, modul, slide powerpoint, komputer, majalah. Hambatan komunikasi yang muncul dari daya tangkap peserta yang berbeda, peserta kelelahan, salah ucap karena terlalu cepat dalam menjelaskan, huruf terlalu kecil di slide powerpoint, proyektor panas, listrik mati, alat komunikasi (handphone) berbunyi, pengajar keluar kelas dikarenakan ada tamu atau pekerjaan lain. Pola komunikasi yang digunakan pengajar adalah pola komunikasi dua arah.Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian bahwa pola komunikasi pengajar dalam kegiatan pelatihan multimedia di UPT Balai Informasi Teknologi - LIPI Bandung memakai pola komunikasi dua arah.Saran untuk pengajar pelatihan multimedia UPT Balai Informasi Teknologi - LIPI Bandung dalam memberikan pengajaran jangan terlalu cepat dalam menyampaikan materi, lebih aktif dalam menanyakan kendala peserta pelatihan, dan memperbaiki isi slide powerpoint serta memperbesar huruf yang terdapat didalamnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Pola Komunikasi Pengajar, Pelatihan Multimedia, LIPI
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:03
Last Modified: 16 Nov 2016 08:03
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23579

Actions (login required)

View Item View Item