Representasi Misi Kemanusiaan Dalam Film Fiksi Ilmiah Gravity (Studi Semiotika Roland Barthes mengenai Makna Misi Kemanusiaan Dalam Film Fiksi Ilmiah Gravity)

Septiyana Taufiq, Dwiyan (2015) Representasi Misi Kemanusiaan Dalam Film Fiksi Ilmiah Gravity (Studi Semiotika Roland Barthes mengenai Makna Misi Kemanusiaan Dalam Film Fiksi Ilmiah Gravity).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi misi kemanusiaan dalam film fiksi ilmiah Gravity. Untuk menjelaskannya, maka fokus masalah tersebut peneliti dibagi ke dalam beberapa sub-sub masalah mikro yaitu makna denotatif, makna konotatif, dan makna mitos dalam film Gravity. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes untuk mengetahui denotatif, konotatif, dan mitos yang tersembunyi dalam film tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, internet searching, dan studi dokumentasi. Objek yang dianalisis merupakan sequence yang terdapat dalam film Gravity dengan mengambil delapan sequence.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat tiga makna sesuai dengan semiotika Roland Barthes. Makna denotatif seorang astronot sedang melaksanakan misi untuk memperbaiki kapal huble telescope dan saling menyelamatkan saat terjadi bencana luar angkasa. Makna konotatif dengan saling menolong astronot ketika bencana hujan puing luar angkasa. Sedangkan mitos merupakan sebuah tanda misi memperbaiki kapal hubble telescope bisa selesai.Kesimpulan yang dihasilkan bahwa misi kemanusiaan memperlihatkan bahwa misi kemanusiaan merupakan misi yang harus di laksanakan atau harus di kerjakan yang sukarela tanpa pamrih dan saling menolong dengan adanya bencana diluar angkasa. Saran bagi para sineas agar dapat membuat sebuah film dengan tampilam film yang menarik dengan mengandung nilai yang dipahami baik oleh masyrakat luas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Misi Kemanusiaan, Film
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:03
Last Modified: 16 Nov 2016 08:03
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23587

Actions (login required)

View Item View Item