Rasisme Dalam Film Selma (Analisis Semiotika John Fiske Mengenai Realitas, Representasi Dan Ideologi Rasisme Dalam FilM Selma Karya Ava Du Vernay)

Aditya Windrawan, Yoga (2015) Rasisme Dalam Film Selma (Analisis Semiotika John Fiske Mengenai Realitas, Representasi Dan Ideologi Rasisme Dalam FilM Selma Karya Ava Du Vernay).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis apa saja makna yang terdapat dalam film Selma yang berkaitan dengan rasisme.Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika John Fiske. Objek yang dianalisis merupakan sequence yang terdapat dalam film Selma dengan membagi kedalam tiga sequence yaitu sequence Prolog, Ideological Content, dan Epilog yang merepresentasikan 3 level yaitu level realitas, level representasi, level ideologi. Dalam hasil penelitian ini selain menggunakan The Codes of Television dari John Fiske peneliti juga menggabungkan dengan model alur skenario Richard Krevolin diantaranya untuk mempertajam analisis. Dapat disimpulkan bahwa rasisme dalam film Selma dapat dilihat dari Level realitas yang dikodekan melalui cara berbicara, ekspresi, dan perilaku, kemudian level representasi yang dimunculkan melalui kode konvensional berupa narasi, dialog, karakter, konflik, dan aksi, lalu level ideologi sesuai dengan teori The Codes of Television dari John Fiske sedangkan model alur skenario Richard Krevolin digunakan untuk menentukan sequence mana yang akan menjadi fokus analisis dan mempertajam hasil analisis dari film Selma itu sendiri. Peneliti memberikan saran bagi peneliti selanjutnya yang akan membuat skripsi dengan metodologi serupa dengan lebih baik lagi, kemudian saran bagi masyarakat untuk lebih peka terhadap pesan-pesan yang dikodekan dalam film yang sebenarnya bermuatan positif atau bahkan negatif sekalipun.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Semiotika, John Fiske, The Codes of Television, Selma, Ideologi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:03
Last Modified: 16 Nov 2016 08:03
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23593

Actions (login required)

View Item View Item