Pengaruh Profitabilitas (ROI) Dan Leverage (DER) Terhadap Pembayaran Dividen Tunai (DPR) Pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk

Westiana, Irfi (2013) Pengaruh Profitabilitas (ROI) Dan Leverage (DER) Terhadap Pembayaran Dividen Tunai (DPR) Pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dividen memiliki arti penting bagi perusahaan karena berkaitan dengan pengalokasian laba yang tepat sehingga pertumbuhan perusahaan dan kesejahteraan para pemegang saham dapat terjamin. Pembayaran dividen kepada para investor dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor keuangan dan faktor non-keuangan. Penelitian ini memfokuskan pada pembahasan faktor keuangan yang diukur dengan profitabilitas dan leverage. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh profitabilitas yang diukur dengan Retun On Investment dan leverage yang diukur dengan Debt to Equity Ratio. Metode sampling yang digunakan adalah purposive random sampling. Alat analisa yang digunakan adalah uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F. Sampel yg digunakan adalah laporan keuangan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk yang terdiri dari neraca, laporan laba rugi, arus kas dari kegiatan pendanaan selama 7 tahun dari tahun 2004-2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh yang paling dominan terhadap pembayaran dividen tunai pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk adalah leverage (DER) dengan kontribusi 46%. Sedangkan secara bersama-sama (simultan), kedua variabel tersebut bepengaruh terhadap pembayaran dividen tunai DPR) sebesar 72,5%. Dari hasil analisa menunjukkan leverage mempunyai pengaruh paling besar terhadap pembayaran dividen tunai.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Leverage, Dividen Tunai
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:03
Last Modified: 16 Nov 2016 08:03
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23599

Actions (login required)

View Item View Item