Kepuasan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Dan Dampaknya Terhadap Keinginan Berpindah Karyawan Kontrak PT. Primarindo Infrastructure Tbk Bandung

Sri Ayu, Martiana (2013) Kepuasan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Dan Dampaknya Terhadap Keinginan Berpindah Karyawan Kontrak PT. Primarindo Infrastructure Tbk Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tingkat turnover yang tinggi akan menimbulkan dampak negatif bagi perusahaan, karena dapat menciptakan ketidakstabilan dan ketidakpastian terhadap kondisi tenaga kerja dan peningkatan biaya sumber daya manusia yakni yang berupa biaya pelatihan yang sudah diinvestasikan pada karyawan sampai biaya rekrutmen. Tingginya keinginan berpindah karyawan pada industri sepatu merupakan sinyal awal terjadinya turnover karyawan dalam industri tersebut. Hal tersebut perlu dijadikan perhatian bagi perusahaan karena tingginya turnover di dalam suatu perusahaan dapat mengganggu aktifitas dan produktifitas. Selain itu turnover juga dapat menciptakan ketidakstabilan dan ketidakpastian terhadap kondisi tenaga kerja. Keinginan berpindah karyawan yang tinggi dapat disebabkan karena rendahnya kepuasan kerja yang didapat oleh karyawan, sehingga motivasi merka dalam bekerja menurun yang tentunya bisa berdampak pada tingginya keinginan karyawan untuk berpindah. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melihat terdapat suatu kebutuhan untuk meneliti lebih lanjut hubungan antara kepuasan kerja dengan motivasi dan dampaknya terhadap keinginan berpindah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kepuasan kerja dan dampaknya terhadap keinginan berpindah pada PT Primarindo Asia Infrastructure Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 1874 orang dan tehnik penarikan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jenis propotionate stratified random sampling sehingga diperoleh 95 responden. Metode analisis data menggunakan analisis jalur dengan menggunakan bantuan SPSS 19.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja karyawan kontrak termasuk dalam klasifikasi sedang, begitu pula dengan motivasi kerja dan keinginan karyawan kontrak untuk berpindah termasuk dalam katagori cukup tinggi. Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja karyawan kontrak. Begitu pula halnya dengan kepuasan kerja dan motivasi kerja memberikan pengaruh signifikan dalam mendorong keinginan berpindah karyawan kontrak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja dan Keinginan Berpindah
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:03
Last Modified: 16 Nov 2016 08:03
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23625

Actions (login required)

View Item View Item