Sistem Informasi Geografis Untuk Menentukan Sekolah Menengah Negeri Berdasarkan Rayon Di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bandung Berbasis Web

Iqyan Rachmat, Deden (2015) Sistem Informasi Geografis Untuk Menentukan Sekolah Menengah Negeri Berdasarkan Rayon Di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bandung Berbasis Web.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dinas Pendidikan (DISDIK) Kota Bandung memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan pembangunan di bidang pendidikan di Kota Bandung. Perubahan sistem penerimaan siswa baru tahun 2014 di Kota Bandung bertujuan untuk menghilangkan status sekolah favorit dan mengupayakan pemerataan mutu pembelajaran di tiap sekolah, dari sistem kluster menjadi sistem rayon. Sistem rayon ini baru diterapkan pada sekolah negeri (SD, SMP, SMA/SMK).Sistem rayon ini masih menimbulkan permasalahan bagi para calon siswa, orang tua calon siswa dan pihak sekolah, dimana masih kurang paham dengan sistem rayon, baik mekanisme maupun informasi tentang sekolah mana saja yang terletak pada masing-masing rayon dan juga tidak dapat memberikan rekomendasi sekolah berdasarkan kriteria. Oleh karena itu perlu dibangun sistem informasi geografis untuk menentukan sekolah menengah negeri berdasarkan rayon di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bandung. Terdapat kriteria untuk menentukan sekolah dilihat dari NEM siswa dan wilayah tempat tinggal orang tua siswa. Adapun pendekatan analisis pembangunan perangkat lunak yang digunakan adalah analisis terstruktur. Dalam implementasinya, sistem informasi geografis ini dibangun berbasis web.Berdasarkan hasil pengujian sistem dengan metode black box dan beta (wawancara dan kuesioner) maka diperoleh kesimpulan bahwa sistem yang dibangun dapat memberikan rekomendasi sekolah menengah negeri di Kota Bandung kepada calon siswa, orang tua siswa dan pihak sekolah berdasarkan sistem rayon dan dapat memudahkan calon siswa, orang tua siswa dan pihak sekolah mendapatkan informasi sekolah menengah negeri berdasarkan rayon di Kota Bandung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: geografis, sistem informasi geografis, sistem rayon, Dinas Pendidikan Kota Bandung.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:03
Last Modified: 16 Nov 2016 08:03
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23630

Actions (login required)

View Item View Item