Pembangunan Sistem Perencanaan Dan Penjadwalan Aktivitas Distribusi Barang Dengan Pendekatan Distribution Requirement Planning (DRP) (Studi Kasus Di CV. Roda Wina)

Rahman Hakim, Arief (2015) Pembangunan Sistem Perencanaan Dan Penjadwalan Aktivitas Distribusi Barang Dengan Pendekatan Distribution Requirement Planning (DRP) (Studi Kasus Di CV. Roda Wina).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

CV. Roda Wina memiliki masalah seperti dalam menentukan kebutuhan pintu rel dan aksesoris pintu rel ke supplier belum optimal, karena masih sering terjadi pintu rel dan aksesoris pintu rel yang dipesan oleh cabang maupun pelanggan yang membeli secara langsung tidak tersedia di gudang, yang menyebabkan pelaksanaan pengiriman pintu rel dan aksesoris pintu rel ke setiap cabang memerlukan waktu yang lebih lama lagi dan permintaan pelanggan tidak terpenuhi. Penelitian ini bermaksud untuk membangun sistem perencanaan dan penjadwalan aktivitas distribusi barang dengan pendekatan distribution requirement planning (DRP) yang diharapkan aktivitas distribusi barang tidak terhambat ketika ada pesanan dan memudahkan dalam merencanakan kebutuhan barang yang harus disediakan untuk memenuhi kebutuhan cabang. Penelitian dilakukan dengan melakukan analisis data permintaan barang yang dilakukan oleh setiap cabang ke pusat selama satu tahun kemudian digunakan metode single moving average untuk peramalan perencanaan kebutuhan barang mendatang berdasarkan permintaan sebelumnya dan metode distribution requirement planning untuk mengetahui jumlah barang yang akan dipesan ke supplier. Sistem Informasi yang dibangun dapat membantu merencanakan kebutuhan barang yang harus dipesan ke supplier untuk memenuhi kebutuhan barang setiap cabang. Namun sistem informasi yang dibangun belum terdapat jadwal distribusi barang demi terwujudnya waktu singkat yang diperlukan untuk diterimanya barang yang dipesan oleh setiap cabang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: peramalan, single moving average, penjadwalan, distribution requirement planning (DRP).
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:03
Last Modified: 16 Nov 2016 08:03
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23636

Actions (login required)

View Item View Item