Aktivitas Corporate Socila Responsibility (CSR) Bank Indonesia Kantor Perwakilan Dalam Negeri Wilayah VI Jabar Banten dalam Meningkatkan Citra Positif Perusahaan)

Vuspadewi, Finky (2015) Aktivitas Corporate Socila Responsibility (CSR) Bank Indonesia Kantor Perwakilan Dalam Negeri Wilayah VI Jabar Banten dalam Meningkatkan Citra Positif Perusahaan).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Aktivitas Corporate Social Responsibility Bank Indonesia Kantor Perwakilan Dalam Negeri Wilayah VI melalui Program Sosial Bank Indonesia dalam Meningkatkan Citra Positif Perusahaan. Tujuan Penelitian ini yaitu Untuk mengetahui Corporate Philanthropy (Kedermawanan Perusahaan), Cause-Related Marketing (Pemasaran Terkait Kegiatan Sosial) dan Corporate Social Marketing (Pemasaran Sosial Perusahaan).Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif, peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh informan berjumlah 5 (lima) orang. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, studi pustaka, observasi, dan internet searching. Adapun teknik analisis data yang dilakukan, melalui beberapa tahap yaitu reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa BI melalui PSBI telah melakukan Corporate Philantropy (Kedermawanan Perusahaan) seperti Community Development melalui PSBI tematik dan PSBI Reguler. Dalam pelaksanaannya PSBI tematik memeliki beberapa kegiatan diantaranya yaitu: Cluster Cabai merah, Cluster Sayuran dan Penggemukan Sapi. Sedangkan PSBI reguler meliputi beberapa kegiatan diantaranya yaitu: Pemberian bantuan Mesin Jahit dan Pelatihan kepada Ibu �� Ibu PKK kelurahan Lebakgede, Sponsorship, Bantuan Bencana Alam. Bank Indonesia juga melakukan kegiatan pemberdayaan komunitas yaitu dengan melakukan inovasi kampung kreatif dan bekerjasama dengan komunitas animasi Bandung membuat animasi dalam pengecekan SID (Sistem Informasi Debitur) atau BI Checking. BI juga akan melakukan Kegiatan Cause-Related Marketing (pemasaran terkait kegiatan sosial) bersama Bank Profit membuat mesin atau aplikasi pengaduan nasabah Bank profit, serta melakukan Kegiatan Corporate Social Marketing (pemasaran sosial perusahaan) dengan Gerakan Anti Perilaku Konsumtif, Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), dan Kegiatan Ekonomi Mandiri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Bank Indonesia menjalankan CSR melalui PSBI dengan memberikan berbagai macam bantuan untuk masyarakat, peneliti menyimpulkan bahwa keinginan perusahaan untuk meningkatkan citra yang diharapkan sudah tercapai. Bank Indonesia meningkatkan citranya dengan cara menjalin komunikasi efektif terhadap Stakeholders dan masyarakat umum.Peneliti Menyarankan agar Perusahaan membuat wadah Sharing skill untuk penerima Bantuan dan melakukan Kampanye media TV,Radio dan Cetak. Peneliti juga menyarankan agar peneliti selanjutnya melakukan pra-riset dan memperhatikan kendala Birokrasi perusahaan dan memperhatikan kendala di lapangan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Program Sosial Bank Indonesia
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:03
Last Modified: 16 Nov 2016 08:03
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23639

Actions (login required)

View Item View Item