Pengaruh Struktur Modal Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Semen Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia Periode 2002-2010

Abubakar, Dhika (2013) Pengaruh Struktur Modal Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Semen Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia Periode 2002-2010.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Struktur modal dan kebijakan dividen merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai suatu perusahaan. Dengan memperhatikan kedua aspek tersebut, kita dapat mengetahui pencapaian nilai perusahaan yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan struktur modal, kebijakan dividen serta nilai perusahaan dan mengetahui pengaruh struktur modal, kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan secara parsial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Sedangkan data yang digunakan adalah data sekunder berupa pooled data yang diperoleh dari laporan Indonesian Capital Market Directory perusahaan semen yang terdiri dari data tahun 2002 sampai dengan 2010 dan dikeluarkan oleh Bursa Efek Indonesia. Pengujian statistik yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, analisis korelasi pearson, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Berdasarkan uji statistik yang dilakukan, diperoleh hasil uji statistik t menunjukkan struktur modal dan kebijakan dividen secara parsial berpengaruh namun tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,225 atau 22,5 % ini berarti bahwa nilai perusahaan dipengaruhi oleh struktur modal dan kebijakan dividen sebesar 22,5% sedangkan 77,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Dari hasil perhitungan ini, penulis mengambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang tidak signifikan struktur modal dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: struktur modal, kebijakan dividen, dan nilai perusahaan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:03
Last Modified: 16 Nov 2016 08:03
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23653

Actions (login required)

View Item View Item