Analisis Orientasi Pembelajaran Dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing Pada IKM Sepatu Di Cibaduyut Kecamatan Bojongloa Kidul Bandung

Friska Pandiangan, Netty (2013) Analisis Orientasi Pembelajaran Dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing Pada IKM Sepatu Di Cibaduyut Kecamatan Bojongloa Kidul Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada pengusaha IKM Sepatu Cibaduyut Kecamatan Bojongloa Kidul Bandung. Persaingan dunia bisnis yang semakin ketat, menyebabkan para pelaku IKM harus meningkatkan potensi yang dimiliki agar mampu unggul dalam bersaing, keadaan pasar yang kurang mendukung yang hanya mengandalkan kedatangan konsumen dengan penggunaan program katalog. program pembelajaran yang mendukung setiap perkembangan ukm harus selalu diterapkan demi kemajuan ukm. Upaya yang dilaksanakan untuk meningkatkan keunggulan bersaing IKM ini adalah dengan meningkatkan orientasi pembelajaran dan memahami orientasi pasar. Namun yang terjadi pada kenyataannya orientasi pasar pada IKM Sepatu di Cibaduyut Kecamatan Bojongloa Kidul Bandung justru cenderung begitu-begitu saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh orientasi pembelajaran dan orientasi pasar keunggulan bersaing di IKM Sepatu Cibaduyut Kecamatan Bojongloa Kidul Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah pengusaha yang menjalankan usahanya di IKM Sepatu Cibaduyut Kecamatan Bojongloa Kidul Bandung yang berjumlah 828 orang dengan sampel sebanyak 90 responden. Pengujian statistik yang digunakan adalah perhitungan korelasi pearson, analisis regresi, korelasi, koefisien determinasi, uji hipotesis, dan juga menggunakan bantuan program aplikasi SPSS 19.0 for windows. Hasil analisis menggunakan regresi linear berganda dapat diketahui bahwa variabel orientasi pembelajaran berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing di IKM Sepatu Cibaduyut Kecamatan Bojongloa Kidul Bandung. Kedua, variabel orientasi pasar berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing di IKM Sepatu Cibaduyut Kecamatan Bojongloa Kidul Bandung. Hasil analisis menggunakan uji t dapat diketahui orientasi pembelajaran, dan orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing di IKM Sepatu Cibaduyut Kecamatan Bojongloa Kidul Bandung. Hasil analisis menggunakan koefisien determinasi orientasi pembelajaran dan orientasi pasar secara simultan memberikan pengaruh terhadap variabel keunggulan bersaing sebesar 56,9% sedangkan sisanya sebesar 49,1% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: orientasi pembelajaran, orientasi pasar, keunggulan bersaing
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:03
Last Modified: 16 Nov 2016 08:03
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23657

Actions (login required)

View Item View Item