Analisis Pengaruh Non Performing Loan Dan Loan To Deposit Ratio Terhadap Profitabilitas (Studi Kasus Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk)

Saragih, Yunita (2013) Analisis Pengaruh Non Performing Loan Dan Loan To Deposit Ratio Terhadap Profitabilitas (Studi Kasus Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Yang bergerak dibidang perbankan, diantaranya kredit yang merupakan bisnis utama bank. Pengelolaan kredit yang kurang baik akan beresiko kredit bermasalah atau Non Performing Loan, yaitu sebagai pinjaman yang mengalami kesulitan pelunasan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui hubungan Non Performing Loan dan Loan To Deposit Ratio terhadap Profitabilitas (ROA) PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah data keuangan berupa Neraca, Laba/Rugi dan Kualitas Aktiva Produktif PT Bank Tabungan Negara (Persero), periode Triwulan I tahun 2005 sampai dengan triwulan IV tahun 2010 dan untuk menentukan sampel yang akan diteliti, menggunakan teknik nonprobability sampling. Untuk mengetahui hubungan Non Performing Loan dan Loan To Deposit Ratio terhadap Profitabilitas (ROA) menggunakan analisis korelasi. Untuk mengetahui pengaruh Non Performing Loan dan Loan To Deposit Ratio terhadap Profitabilitas (ROA) digunakan analisis regresi berganda. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan statistik thitung sebesar 2,490 berada pada daerah penolakan Ho, yang berarti bahwa non performing loan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk. Proses analisis statistik tersebut menggunakan program SPSS.18 for windows. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan Non Performing Loan secara parsial bahwa thitung sebesar 2,490 berada pada daerah penolakan Ho, yang berarti bahwa Non Performing Loan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk, sedangkan Loan To Deposit Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat profitabilitas pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk. Secara simultan pengaruh Non Performing Loan dan loan to deposit ratio sebesar 35,2% artinya perubahan profitabilitas pada PT Bank Tabungan Negara tidak begitu bergantung pada perubahan Non Performing Loan dan perubahan loan to deposit ratio.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Non Performing Loan, Loan To Deposit Ratio, Profitabilitas
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:03
Last Modified: 16 Nov 2016 08:03
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23687

Actions (login required)

View Item View Item