Analisis Pengaruh Non Performing Loan (NPL) Dan Net Interest Margin (NIM) Terhadap Loan To Deposit Ratio Pada Bank Rakyat Indonesia Tbk. Periode 2007-2014

Dwi Purnama Rini, Noer (2015) Analisis Pengaruh Non Performing Loan (NPL) Dan Net Interest Margin (NIM) Terhadap Loan To Deposit Ratio Pada Bank Rakyat Indonesia Tbk. Periode 2007-2014.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Bank adalah lembaga keuangan yang berfungsi sebagai perantara keuangan. Fungsi bank sebagai intermediasi adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali dalam bentuk kredit. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Non Performing Loan (NPL) dan Net Interest Margin (NIM) terhadap Loan to Deposit Ratio (LDR). Objek Penelitian ini adalah Bank Rakyat Indonesia Tbk. dengan menggunakan Laporan Keuangan Publikasi periode 2007- 2014.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan triwulan yang dipublikasikan oleh Bursa Rakyat Indonesia periode 2007-2014 melalui situs bri.co.id. Untuk mengolah data tersebut, dalam penelitian ini digunakan analisis statistik yaitu asumsi klasik (Normalitas, Multikolinearitas, Heteroskedastisitas, dan Autokorelasi), analisis linier sederhana, analisis regresi berganda, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, sedangkan pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t dan uji F.Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik. Hal ini menunjukkan data yang tersedia telah memenuhi syarat menggunakan model persamaan regresi linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel NPL memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap LDR. NIM berpengaruh signifikan terhadap LDR. Kemampuan prediksi dari kedua variabel tersebut terhadap LDR dalam penelitian ini sebesar 42,2%, sedangkan sisanya 57,8% dipengarui oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Loan to Deposit Ratio(LDR), Non Performing Loan (NPL) danNet Interest Margin (NIM).
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:03
Last Modified: 16 Nov 2016 08:03
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23717

Actions (login required)

View Item View Item