Pengaruh Laba Per Lembar Saham (EPS) Dan Dividen Tunai Terhadap Harga Saham (Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Ratnaningsih, Yuni (2013) Pengaruh Laba Per Lembar Saham (EPS) Dan Dividen Tunai Terhadap Harga Saham (Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Harga saham sangat fluktuatif, maka investor harus bisa mengambil data yang dapat dijadikan alat analisis atas saham yang beredar. Fluktuasi ini dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor eksternal dan internal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan pada pembagian Laba Per Lembar Saham dan deviden Tunai terhadap harga saham pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini merupakan metode Deskriptif Kuantitatif dan analisisnya mengunakan regresi berganda. Adapun Populasi dalam penilitian ini data harga saham dan data-data laporan keuangan perusahaan-perusahaan Pertambanagn yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2007-2010, yaitu sebanyak 5 perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dan sampel dalam penelitian ini merupakan perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan antara Laba Per Lembar Saham dan deviden tunai secara simultan, artinya semakin tinggi Laba Per Lembar Saham semakin mahal suatu saham, dan sebaliknya. Semakin sering perusahaan membagikan deviden dalam bentuk tunai akan banyak diminati oleh investor, maka permintaan saham atas perusahaan tersebut akan terus meningkat sehingga akan menyebabkan harga saham di bursa akan naik. Secara parsial hanya Laba per lembar saham mempunyai pengaruh signifikan terhadap Harga Saham sedangkan pembagian deviden tunai tidak memiliki pengaruh terhadap harga saham. Hal ini berarti bahwa kondisi Laba Per Lembar Saham suatu perusahaan sangat tinggi sehingga menarik para investor untuk berinvestasi di perusahaan tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Laba Per Lembar Saham,Dividen Tunai, Harga Saham
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:03
Last Modified: 16 Nov 2016 08:03
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23724

Actions (login required)

View Item View Item