Pengaruh Tingkat Pengembalian Aset, Rasio Lancar Dan Rasio Hutang Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Perkebunan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2009-2013

Saputra, Indra (2015) Pengaruh Tingkat Pengembalian Aset, Rasio Lancar Dan Rasio Hutang Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Perkebunan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2009-2013.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Return On Asset (ROA), Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan perkebunan yang terdaftar di BEI periode 2009-2013. Fokus dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari variable-variabel tersebut terhadap Dividend Payout Ratio (DPR).Purposive sampling digunakan dalam penelitian ini dengan kriteria: (1) Perusahaan sektor perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun sejak tahun 2009 dan masih terdaftar di bursa efek pada tahun 2013,(2) Perusahaan-perusahaan yang memiliki kelengkapan data sesuai dengan variabel yang diteliti dalam penelitian ini,(3) Perusahaan yang memilki kebijakan dividen pada tahun penelitian . Sampel dalam pelitian ini sebanyak 6 perusahaan dari 16 perusahaan perkebunan yang terdaftar di BEI. Analisis Regresi berganda dan uji hipotesis menggunakan t-statistik digunakan dalam penelitian ini untuk menguji koefisien regresi parsial serta f-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan tingkat signifikansi 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ROA berpengaruh signifikan terhadap DPR sedangkan CR dan DER tidak berpengaruh secara signifikan terhadap DPR. Sementara secara simultan menunjukan bahwa variabel penelitian ini secara bersama-sama berpengaruh terhadap DPR. Variabel ROA dalam penelitian ini merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap DPR yang ditunjukkan dari nilai koefisien beta standardized-nya yaitu 0.611, DER dengan nilai koefisien -0,239, CR dengan nilai koefisien -0.067.Pada Penelitian ini ketiga variabel independen mempengaruhi DPR sebesar 60% sementara 40% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tingkat pengembalian aset (ROA), Rasio Lancar (CR), Rasio Hutang (DER), Kebijakan Dividen (DPR)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:03
Last Modified: 16 Nov 2016 08:03
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23730

Actions (login required)

View Item View Item