Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Survey Pada Sentra Industri Rajutan Binongjati Bandung

Ardiansyah, Firman (2015) Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Survey Pada Sentra Industri Rajutan Binongjati Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Fenomena yang terjadi pada Industri Rajutan Binong Jati Bandung adalah belum terlihat adanya manajemen yang terkelola dengan baik dan perbedaan mindset dari setiap pengusahanya, pengusaha rajutan biasanya merangkap sebagai manajer yang mengatur semua manajemen usaha rajutan. Hal tersebut dikarenakan faktor tingkat pendidikan yang rata-rata hanya sebatas SMU, sedangkan yang menempuh jenjang pendidikan perguruan tinggi masih menjadi minoritas, rata-rata merupakan anak pemilik dari pemilik usaha rajutan. Jika kondisi ini terus berlangsung, maka akan berdampak pada kinerja usaha yang terus memburuk dan kesulitan untuk bersaing dengan produk lain terutama produk impor dengan harga dan kualitas di atas produk Rajutan Binong itu sendiri sehingga mengancam daya tahan perusahaan itu sendiri.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh kompetensi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing pada Sentra Industri Rajutan Binong Jati Bandung. (2) pengaruh inovasi produk terhadap keunggulan bersaing pada Sentra Industri Rajutan Binong Jati Bandung. Dan (3) pengaruh kompetensi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing pada Sentra Industri Rajutan Binong Jati Bandung. Sebanyak 80 Perusahaan diambil sebagai sampel melalui teknik penarikan sampel dengan metode sample random sampling. Data di kumpulkan melalui penyebaran kuesioner, observasi dan wawancara. Metode survey yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Data di analisis dengan metode simple regression analysis dengan menggunakan software program SPSS 17 for window.Hasil penelitian menunjukan kompetensi kewirausahaan dan inovasi produk memberikan pengaruh yang relatif besar terhadap keunggulan bersaing pada Sentra Industri Rajutan Binong Jati Bandung secara parsial maupun simultan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:03
Last Modified: 16 Nov 2016 08:03
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23738

Actions (login required)

View Item View Item