Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Kemandirian Terhadap Minat Berwirausaha (Survey Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Komputer Indonesia)

Sugiarti, Ratna (2015) Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Kemandirian Terhadap Minat Berwirausaha (Survey Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Komputer Indonesia).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Industrialisasi yang melanda berbagai negara berkembang selain menciptakan sederet keberhasilan, juga menimbulkan berbagai masalah yang cukup pelik. Salah satu masalah pelik tersebut adalah masalah pengangguran. Pengangguran terjadi karena banyaknya jumlah lulusan baik dari sekolah menengah maupun perguruan tinggi tidak sebanding dengan banyaknya jumlah lowongan pekerjaan yang ditawarkan.Kebanyakan dari mereka berorientasi mencari pekerjaan terutama sebagai pegawai negeri dan pegawai swasta (Job seekers), bukan pencipta lapangan pekerjaan (Job creator). Seluruh proses perubahan inovasi yang terjadi dalam perekonomian suatu negara, pada akhirnya tergantung dari orang yang menyebabkan timbulnya perubahan tersebut, yakni seorang wiraswasta (entrepreneur). Sedangkan jumlah wirausahawan di Indonesia hanya memiliki 0,18% jumlah wirausahawan. Berwirausaha merupakan cara tidak langsung untuk mengatasi pengangguran. Yakni dengan cara memberikan bekal pengetahuan, keterampilan serta menumbuhkan sikap kewirausahaan pada para pencari kerja melalui pengembangan kewirausahaan.Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan kemandirian terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Penelitian menggunakan Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verivikatif. Setelah dilakukan tinjauan pustaka, dan penyusunan hipotesis, data dilakukan melalui metode kuesioner yang disebar kepada 87 orang responden pada mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung, dengan menggunakan purposive sampling. Sedangkan analisis dilakukan dengan pengolahan data menggunakan SPSS 16 for windows. Kemudian dilakukan analisis dengan data yang ada menggunakan uji validitas, reliabilitas, determinasi, analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji f dan uji t.Hasil analisis data dari penelitian ini menunjukan pengetahuan kewirausahaan berpengaruh terhadap minat berwirausaha sebesar 0,695 atau 69,5% dengan arah hubungan positif dan dalam tingkat hubungan yang kuat dan kemandirian berpengaruh terhadap minat berwirausaha sebesar 0,457 atau 45,7% dengan arah hubungan positif dan dalam tingkat hubungan yang cukup.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Kewirausahaan, Kemandirian, Minat Berwirausaha, Mahasiswa.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:03
Last Modified: 16 Nov 2016 08:03
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23750

Actions (login required)

View Item View Item