Pengaruh Kebijakan Hutang (DER) Dan Profitabilitas (ROE) Terhadap Nilai Perusahaan (PBU) Pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2013

Adhani, Vicy (2015) Pengaruh Kebijakan Hutang (DER) Dan Profitabilitas (ROE) Terhadap Nilai Perusahaan (PBU) Pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2013. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Nilai perusahaan merupakan harga yang bersedia dibayar oleh calon pembeli apabila perusahaan tersebut dijual. Nilai perusahaan terutama perusahaan publik akan tercermin pada harga sahamnya, semakin tinggi harga saham berarti semakin tinggi nilai perusahaan. Dengan semakin tinggi nilai perusahaan berarti semakin meningkat kemakmuran pemegang saham. Nilai perusahaan dipengaruhi oleh kebijakan utang dan profitabilitas. Fenomena yang terjadi pada perusahaan sub sektor otomotif dan komponen adalah dalam beberapa periode terjadi penurunan nilai perusahaan padahal perusahaan memperoleh kenaikan profitabilitas dan kebijakan utang yang menurun.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebijakan utang dengan menggunakan indikator Debt To Equity Ratio dan profitabilitas dengan menggunakan indicator Return On Equity terhadap nilai perusahaan melalui indikator Price Book Value. Adapun rumus untuk menghitung indikator Debt To Equity Ratio yaitu . Rumus untuk menghitung Return On Equity yaitu serta untuk menghitung Price Book Value yaitu . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 7 Perusahaan Sub Sektor Otomotif dan Komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (data cross section) dan 6 tahun terakhir data laporan keuangan (time series) jadi jumlah dalam penelitian ini sebanyak 42 data (pool data) dan Alat analisis yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, regresi berganda, analisis korelasi,koefisien determinasi dengan uji hipotesis menggunakan Uji-t dan Uji-f.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh yang paling dominan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor otomotif dan komponen adalah profitabilitas (ROE) dengan kontribusi 32,8199%. Sedangkan secara simultan, kebijakan utang (DER) dan profitabilitas (ROE) secara simultan memberikan pengaruh terhadap nilai perusahaan (PBV) sebesar 77,5102%, sedangkan sisanya 22,4898% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas , Kebijakan Utang , dan Nilai Perusahaan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:03
Last Modified: 16 Nov 2016 08:03
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23751

Actions (login required)

View Item View Item