Pengaruh Keputusan Investasi Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Perbankan Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2009-2013

Septaryn, Erisa (2015) Pengaruh Keputusan Investasi Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Perbankan Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2009-2013.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Optimalisasi nilai perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan fungsi manajemen keuangan, dimana satu keputusan keuangan yang diambil akan mempengaruhi keputusan keuangan lainnya dan berdampak pada nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keputusan investasi dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan perbankan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia.Populasi penelitian ini adalah 41 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel terdiri dari 6 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode laporan keuangan tahun 2009-2013 atau selama 5 tahun, jadi total keseluruhan data yang dijadikan sampel adalah 30 data panel. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Analisis data mengunakan software pengolahan data statistik yaitu SPSS 16 for windows.Hasil penelitian secara parsial memperlihatkan bahwa keputusan investasi berpengaruh positif dan signifikan sebesar 34,8% terhadap nilai perusahaan. Sedangkan kebijakan dividen berpengaruh negatif dan signifikan sebesar 33,6% terhadap nilai perusahaan. Secara simultan keputusan investasi dan kebijakan dividen berpengaruh positif dan signifikan sebesar 68,4% terhadap nilai perusahaan, sedangkan sisanya sebesar 31,6% merupakan kontribusi variabel lain selain variabel yang digunakan oleh peneliti.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keputusan Investasi, Kebijakan Dividen, Nilai Perusahaan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:03
Last Modified: 16 Nov 2016 08:03
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23764

Actions (login required)

View Item View Item