Analisis Beban Mental Menggunakan Metode National Aeronautics and Space Administration-Task Load Index (NASA-TLX) Di PPPPTK BMTI Di Departemen Mesin

Rauf, Fathirli (2013) Analisis Beban Mental Menggunakan Metode National Aeronautics and Space Administration-Task Load Index (NASA-TLX) Di PPPPTK BMTI Di Departemen Mesin.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Ergonomi merupakan sebuah studi tentang aspek-aspek manusia dalam lingkungan kerjanya yang ditinjau secara anatomi, fisiologi, psikologi, engineering, manajemen dan desain atau perancangan. Ergonomi berkenaan pula dengan optimasi, efisiensi, kesehatan, keselamatan dan kenyamanan manusia ditempat bekerja, dirumah dan tempat rekeasi. PPPPTK BMTI merupakan sebuah lembaga pendidikan yang didirikan oleh pemerintah untuk melatih guru dan siswa bidang studi kejuruan. Pada lembaga ini terdapat berbagai macam departemen seperti departemen mesin dan departemen informatika. Para siswa yang melakukan kerja praktek disini akan dibimbing sesuai dengan jurusan yang mereka pilih dan diberikan pekerjaan sesuai jurusan mereka.Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah ini yaitu menggunakan metode NASA-TLX. NASA-TLX merupakan sebuah metode untuk mengetahui besarnya beban usaha mental yang memberikan gambaran besarnya kebutuhan mental dan perhatian untuk menyelesaikan tugas. Hasil yang diperoleh dari metode NASA-TLX dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengetahui beban mental yang dialami oleh tiap devisi sehingga perusahaan bisa mencapai target dan tujuan perusahaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Ergonomi, Nasa-TLX
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:03
Last Modified: 16 Nov 2016 08:03
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23921

Actions (login required)

View Item View Item