Peranan kepemimpinan visioner dan budaya organisasi dalam membentuk komitmen karyawan pada Universitas Komputer Indonesia

Maulana, Syaid (2013) Peranan kepemimpinan visioner dan budaya organisasi dalam membentuk komitmen karyawan pada Universitas Komputer Indonesia. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pemimpin yang visioner adalah salah satu aset bagi organisasi, karena peranannya sangat menentukan berhasil tidaknya organisasi dalam mencapai tujuannya. Dalam usahanya dalam mencapai tujuan organisasi memerlukan adanya sebuah budaya organisasi, dimana budaya tersebut akan menjadi sebuah identitas yang di dalamnya terdapat norma-norma serta acuan bagi karyawan dalam menjalankan tugasnya, selain itu juga di perlukan komitmen yang baik dari setiap karyawan, karena pada dasarnya karyawan yang loyal akan menjadi aset yang sangat beharga bagi organisasi. Penelitian ini dilakukan di Universitas Komputer (UNIKOM) Indonesia Bandung. Dengan unit penelitian yaitu pada karyawan UNIKOM. Fenomena yang terjadi adalah penerapan visi kepemimpinan yang belum dijalankan secara optimal. Hal ini terjadi karena pemimpin belum bisa mendorong orang lain (bawahan) untuk menunjukkan kinerja terbaik. Dan budaya organisasi (PIQIE) belum dipahami dan diterapkan secara maksimal dan hanya sebatas pengenalan, hal ini terjadi karena kejelasan akan nilai-nilai dan keyakinan serta penyebarluasan budaya PIQIE belum maksimal dilakukan oleh organisasi, selain itu komitmen karyawan dalam menjalankan tugasnya terhadap organisasi masih kurang, hal ini dipengaruhi oleh kesejahteraan karyawan yang dirasakan masih kurang, hal ini bisa dilihat bahwa karyawan akan beralih ke organisasi lain yang menarkan kompensasi lebih tinggi. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui peranan kepemimpinan visioner dan budaya organisasi dalam membentuk komitmen karyawan di Universitas Komputer Indonesia.Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan verifikatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah karyawan Unikom yang berjumlah 137 orang`sebagai pupulasi. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling sehingga diperoleh sebanyak 58 orang sebagai sample. Hasil analisis menjelaskan bahwa hubungan antara kepemimpinan visioner dangan budaya organisasi dengan komitmen karyawan termasuk dalam kategori cukup kuat dengan arah positif, sisanya adalah faktor lain yaitu, faktor pribadi (usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pengalaman kerja), faktor dari dalam organisasi (karakteristik pekerjaan, visi dan misi organisasi, kompensasi dll), faktor luar organisasi (persaingan global).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peranan Kepemimpinan Visioner, Budaya Organisasi, Komitmen Karyawan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24379

Actions (login required)

View Item View Item